Sekilas Info

Utamakan Protokol Kesehatan

372 Siswa Siswi SMK KK Sekadau Laksanakan Prakerin

Kepala SMK KK Sekadau, Petrus Rendon

SEKADAU | SenentangNews.com – Dalam masa Prakerin di tahun 2021 ini, Sekolah Menengah Kejuruan Keling Kumang (SMK KK) Sekadau diuntungkan dengan keberadaan 66 Branch Office (BO) Koperasi Simpan Pinjam Credit Union Keling Kumang (KSP CUKK). Sehingga tidak banyak menemui kesulitan untuk menyebarkan 372 siswa-siswi yang melaksanakan Prakerin.

SMK KK memiliki tujuh jurusan, yaitu Agribisnis Tanaman Pangan; Agribisnis Tanaman Perkebunan; Administrasi Perkantoran; Akuntansi; Rekayasa Perangkat Lunak; Multimedia; dan jurusan Teknik dan Bisnis Sepeda Motor.

Kepala SMK KK Petrus Rendon menerangkan kepada media ini, Kamis (22/7/2021) di Sekadau bahwa anak didiknya melaksanakan Prakerin tersebar di wilayah Sintang, Melawi, Sanggau, Kembayan, Ngabang, Anjungan Mempawah dan Pontianak. Kegiatan Prakerin ini berlangsung selama tiga bulan, yaitu dari 28 Juni hingga 28 September 2021.

Mengingat Prakerin di Tahun 2021 ini berada dalam masa Pandemi Covid-19, sebagian besar peserta ditempatkan di unit-unit KSP CUKK. Bukan hanya di kantor-kantor pelayanan keuangan (CU), juga ada di unit-unit lain di luar CU yang masih dalam kesatuan Gerakan CUKK.

“Kecuali Jurusan Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM) ditempatkan di Astra Honda Authorized Service Station. Kemudian untuk Jurusan Agribisnis Tanaman Pangan dan Agribisnis Tanaman Perkebunan; ditempatkan di areal Lahan Percontohan Obeng Panggodi Sanggau,” terang Petrus Rendon.

Saat ditanya tentang Protokol Kesehatan (Prokes), menurut Rendon di masa yang sangat berat ini, tempat Prakerin di luar KSP CUKK telah dikonfirmasi dengan teliti. Dan pihak yang menerima pun ternyata mensyaratkan agar para peserta Prakerin turut menerapkannya dengan disiplin dan tanpa kompromi.

“Sejak mulai membuat perencanaan, mengenai Pandemi Covid-19 dan Prokes selalu menjadi menjadi perhatian utama dalam pembahasan,” kata Rendon.

Dikonfirmasi terpisah, menurut salah seorang peserta Prakerin di BO Rumah Punyung Sungai Durian, Veronika Wulan, berada diantara para Aktivis KSU CUKK dirinya dapat berinteraksi dengan baik. Jurusan Administrasi Perkantoran asal dari Menukung kabupaten Melawi ini juga merasa dapat beradaptasi dengan cepat.

“Sudah beberapa hari saya ditempatkan membantu di ruang pelayanan kasir. Ternyata saya dapat belajar banyak di sini. Di BO ini pun menerapkan Prokes yang cukup ketat,” kata puteri dari pasangan Antonius dan Anastasia Selian ini.

Penulis: Kris Lucas
Photographer: Kris Lucas