Sekilas Info

Diguyur Hujan Deras, Desa Nyangkom Terendam Banjir Hingga 2 Meter

Kondisi Banjir di Desa Nyangkom yang mengakibatkan rumah warga terendam

SINTANG I SenentangNews.com - Hujan deras yang mengguyur Kecamatan Kayan Hilir beberapa hari yang lalu mengakibatkan beberapa Desa terendam banjir, salah satunya adalah Desa Nyangkom.

Salah satu Sungai Inggar yang berada di daerah tersebut meluap yang mengakibatkan beberapa rumah terendam hingga 2 meter yang membuat sebagian masyarakat harus mengungsi ke rumah warga yang lebih tinggi . Kondisi ini pun membuat lumpuh ekonomi masyarakat di daerah setempat.

Kepala Wilayah Dusun Nyangkom Paskalis Adi mengatakan, banjir di Desa Nyangkom ini sudah sering terjadi, namun belum pernah air naik sampai separah ini sehingga merendam 60 rumah warga.

"Kampung kami ini berada di tepian Sungai Inggar dan sebelum ini kami juga sering mengalami banjir seperti ini, namun belum pernah separah ini, dulu banjir hanya berkisar 50 cm saja. Sekitar jam 13:00 malam kami baru menyadari kalau air sudah sampai masuk ke dalam rumah. Tadi pagi kami bersama warga yang rumahnya sudah terendam banjir berjibaku mengamankan barang - barang serta ternak ke SD," ujar Adi.

Adi juga mengatakan, sejauh ini belum ada perhatian dari pemerintah daerah Sintang terkait bencana banjir yang melanda Desa Nyangkom ini.

"Saya sangat merasa perihatin melihat masyarakat yang rumahnya terendam banjir, barang - barang ada juga yang rusak di akibatkan air yang sudah masuk ke dalam rumah bahkan ternak ada juga yang hanyut tenggelam di seret banjir.

Adi bersama masyarakat desa nyangkom sangat berharap bisa mendapatkan perhatian pemerintah Sintang dalam meringankan beban masyarakay.

"Saya juga menghimbau kepada masyarakat Desa Nyangkom yang rumahnya terendam oleh banjir untuk tetap menjaga kesehatan serta menjaga barang miliknya masing-masing,"harapnya.

Penulis: Pardi