Sekilas Info

Pemkab Sintang Segera Sosialisasi TP2DD Kepada OPD dan Masyarakat

Wabup Sintang Sudiyanto Menghadiri kegiatan TP2DD di Aula Bapenda SIntang

SINTANG | SenentangNews.com- Wakil Bupati Sintang Sudiyanto mengatakan keberadaan Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD) sangat diperlukan di era digitalisasi dalam rangka memberikan kepercayaan masyarakat terhadap transaksi di Kabupaten Sintang.

Sudiyanto menjelaskan bahwa dalam implementasi TP2DD di Kabupaten Sintang sudah melakukannya, hanya saja perlu dilakukan sosiaslisasi kepada seluruh OPD dan masyarakat Kabupaten Sintang.

“Untuk Kabupaten Sintang, kita sudah menyusun Surat Keputusan Bupati Sintang tentang pembentukan Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah Kabupaten Sintang,”kata Sudiyanto menghadiri Pembentukan Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD) Tahun 2021 secara Virtual di Aula Badan Pengelola Pendapatan Daerah Kabupaten Sintang pada Senin, (7/6/2021).

Lebih lanjut Sudiyanto menambahkan pembentukan TP2DD dapat memberikan kemudahan transaksi dengan berbasis digital. Untuk kedepannya digitalisasi terkait elektronikisasi pemerintah daerah dapat dilakukan sehingga digitalisasi ini dapat terwujud.

“Pelaksanaan program elektronifikasi pemerintahan dapat mendorong birokrasi yang efisien seperti proses pelayanan perizinan dan pembayaran pajak yang telah menggunakan sistem elektronifikasi, serta mengurangi biaya pelayanan,”jelasnya.

Kepala Badan Pengelola Pendapatan Daerah Kabupaten Sintang Abdul Syufriadi menyampaikan dalam menerapkan transaksi digital ini tentu ada kendala seperti sarana dan prasarana tetapi harus tetap dilaksanakan.

“Pemkab Sintang akan menyiapkan semua kebutuhan dalam melaksanakan transaksi digital ini seperti sumber daya manusianya dan sarananya. Kalaupun nanti ada yang kurang, akan pelan-pelan kami siapkan,” kata Abdul Syufriadi.

Menurut Abdul penerapan transaksi digitalisasi ini tentu akan sangat membantu pemerintah daerah dalam hal meningkatkan penerimaan daerah dan akan memudahkan setiap pelayanan yang ada sehingga tidak ada alasan lagi, orang tidak mau bayar pajak karena tidak sempat dan sebagainya.

“Gunakan SMS Banking,sudah bisa bayar pajak dari rumah jadi ini memudahkan kita kedepannya,”ungkap Abdul.

Ditempat yang sama Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji menyampaikan bahwa Pemerintah sangat mendukung, memberi wadah, dan menyediakan sarana prasarana untuk memasarkan prodak-prodak UMKM serta melakukan pelatihan-pelatihan.

"Pemerintah Provinsi Kalbar akan menata tempat sebagai sorum atau boleh dikatakan ruang pamer prodak-prodak UMKM yang nanti akan kita buat sedemikian rupa supaya menjadi penyemangat bagi pelaku UMKM untuk berkarya,”Pungkasnya.

Penulis: Oktavianus Beny