Sekilas Info

Wabup Buka Kegiatan Promosi dan Desiminasi Kekayaan Intektual

Wakil Bupati Sintang Sudiyanto Saat Berfose Bersama Seusai Kegiatan di Hotel My Home Sintang

SINTANG I SenentangNews.com- Sebanyak 40 peserta dengan latar belakang Pejabat, Pegawai, Akademisi, masyarakat, Pelaku UKM, dan unsur terkait lainnya mengikuti kegiatan Promosi dan Diseminasi Kekayaan Intelektual di Kabupaten Sintang yang dilaksanakan di Ballroom, Hotel My Home Sintang, pada Senin, (7/6/2021).

Kegiatan yang mengangkat tema Dengan Mendaftarkan Kekayaan Intelektual Paten Dan Kekayaan Intelekual Lainnya, Guna Melindungi Hasil Karya Anak Bangsa Dalam Mendorong Pertumbuhan Ekonomi Kreatif Dan Inovatif Masyarakat Yang Pasti Nyata Di Kabupaten Sintang dibuka Wakil bupati Sintang Sudiyanto.

Ketua panitia penyelenggara Muhayan mengatakan tujuan daripada dilaksanakannya kegiatan Promosi dan Diseminasi Kekayaan Intelektual di Kabupaten Sintang, untuk memberikan pemahaman dan informasi mengenai kekayaan intelektual (KI) kepada masyarakat dan pihak-pihak terkait yang berkaitan dengan ruang lingkup hak kekayaan intelektual baik itu merk, hak cipta, paten, desain industri, desain tata letak sirkuit terpadu, indikasi geografis dan rahasia dagang.

"Kegiatan ini juga untuk mendorong masyarakat untuk mendaftarkan kekayaan intelektualnya melalui Direktorat Kanwil Kemenkumham Provinsi Kalimantan Barat guna memperoleh perlindungan hukum,"katanya.

Wakil bupati Sintang Sudiyanto mengatakan bahwa prioritas Pemerintah untuk meningkatkan inovasi daya saing produk lokal di pasar Internasional adalah pengembangan kekayaan intelektual.

"Kekayaan intelektual secara umum dapat membantu meningkatkan perekonomian negara, terlebih khusus perekonomian di Kabupaten Sintang,"kata Sudiyanto.

Pengembangan kekayaan intelektual di Indonesia saat ini kata Sudiyanto masih minim sehingga melalui Pemerintah Daerah Kabupaten Sintang membantu dan mendukung untuk menginventarisir dan mendata apa-apa saja yang berpotensi dibidang kekayaan intelektual untuk didaftarkan sebagai kekayaan di Kementerian Hukum dan HAM.

"Kami berharap agar kedepannya ada penandatanganan nota kesepakatan bersama untuk memberikan beberapa manfaat kepada Pemda Sintang untuk memperjelas identifikasi produk dan menetapkan standar produksi, menghindari praktek persaingan curang, memberikan perlindungan konsumen,"harapnya.

Penulis: Oktavianus Beny