Sekilas Info

163 Tower BTS Segera Dibangun Di Sintang

Tempunak Kebagian 14 Tower BTS

Heryadi saat bersama Camat Tempunak, Kiyang terkait Rekomendasi Camat untuk pembangunan Tower BTS.

SINTANG | SenentangNews.com – Pimpinan PT Sumber Mataram Makmur (SMM) Heriyadi menjelaskan, dari 163 buah tower Infrastruktur Base Transceifer Station (BTS), yang akan di bangun di Kabupaten Sintang, PT SMM akan menangani 14 buah BTS, khususnya di Kecamatan Tempunak.

Ke 14 tower BTS tersebut, adalah bagian dari 34 tower yang menyebar di Kecamatan Sepauk, Tempunak dan Sungai Tebelian. Ke 34 BTS ni adalah pembangunan Tahap Satu dari rencana 163 tower BTS.

Heryadi menjelaskan, pihaknya sudah melaksanakan proses Site Acquisition (Sitac) atau menetapkan lahan yang akan dibebaskan. Proses Sitac merupakan proses untuk memperoleh ijin dari masyarakat guna pembangunan tower dan juga proses-proses lain yang berhubungan dengan rangkaian pembangunan tower tersebut.

Heryadi yang akrab dipanggil E’eng ini menambahkan, bahwa dari pihak Badan Aksesbilitas Telekomunikasi dan Informatika (BAKTI) Kementerian Komunikasi dan Informatika RI juga sudah bertemu dengan Bupati Sintang, hari Selasa (15/6/2021) di Pendopo. Pihak dari Fiberhome yang merupakan perpanjangan tangan dari BAKTI telah melaporkan bahwa kegiatan di lapangan telah melakukan soil test berupa kegiatan Pengujian Sondir. Yaitu untuk mengetahui daya dukung tanah pada setiap lapisan, serta untuk mengetahui kedalaman lapisan pendukung tanah keras.

“Sesuai targetnya, Insya Allah sebelum perayaan Natal sejumlah desa di Kecamatan Tempunak ini sudah dapat menikmati akses internet dengan baik,” kata Heryadi.

Sebelumnya media ini juga telah mengkonfirmasi Camat Tempunak, Kiyang. Dari Kiyang diperoleh informasi bahwa tim survey dari Fiberhome ini sudah tiga kali melakukan sarvey ke hulu Tempunak.

“Dan dari informasi yang kami terima, hanya Desa Pekulai Bersatu yang terlewatkan. Namun bukan berarti Desa Pekulai tidak dapat mengakses sinyal,” terang Kiyang.

Penulis: Kris Lucas
Photographer: Kiyang