Sekilas Info

Dampak Pandemi Covid-19, Kegiatan SPA Angkatan XXII Jadi Spesial

Para calon aktivis CUKK saat mengikuti SPA Angkatan Ke XXII

SEKADAU | SenentangNews.com – Kegiatan apa pun yang dilakukan oleh sebuah lembaga yang memiliki jumlah anggota sebanyak 187 ribu orang lebih, pasti menarik untuk disimak. Lembaga yang digerakan oleh 624 orang aktivis, Credit Union Keling Kumang (CUKK) telah menyebar di 67 kantor cabang di tujuh kabupaten/kota.

Untuk melayani 187 ribu lebih anggota dengan 624 orang aktivis, maka rata-ratanya setiap aktivis harus melayani hampir sebanyak 300 orang. Boleh jadi penyelenggaraan pelayanan mampu terus berjalan, salah satunya karena ditopang oleh sistim Informasi Teknologi (IT) CUKK yang sudah moderen dan baik.

Anggota akan terus bertambah. Kondisi seperti itu yang membuat secara periodik CUKK menambah jumlah aktivisnya. Ada beberapa cara yang digunakan CUKK dalam menambah jumlah aktivisnya, salah satunya adalah dengan melalui Sekolah Penggodokan Aktivis (SPA). Ada beberapa syarat untuk calon aktivis mengikuti SPA. Dari mulai mendaftar, lolos administrasi, lolos psikotes, lolos kesehatan serta tes wawancara. Para peserta harus menunjukan hasil tes Swab Antigen Covid-19 dengan hasil Negatif. Masa berlaku hasil tes harus berlaku dua hari sebelum tanggal. 6 Juni.

SPA Angkatan XXII yang seharusnya diselenggarakan dari tanggal. 7 Juni sampai dengan 19 Juni. Karena pertimbangan masih di masa Pandemi Covid-19, pelaksanaan SPA Ke XXII hanya dilaksanakan hingga taggal. 12 Juni. Konsekuensinya, materi SPA jadi lebih padat meski kegiatan Outbond harus ditiadakan. Kegiatan SPA ini menjadi spesial.

Menurut Human Resource Management (HRM) CUKK Kenedi Tian yang bertanggungjawab atas kegiatan SPA, calon aktivis yang lolos seleksi ada 47 orang. Namun pada saat acara pembukaan ada dua orang tidak hadir, dan secara otomatis dinyatakan gugur. Sehingga peserta SPA untuk Angkatan Ke XXII berjumlah 45 orang, terdiri dari 16 pria dan 29 perempuan.

Acara pembukaan dilaksanakan pada tanggal 6 Juni 2021 pukul. 15.00 sore didahului dengan registrasi peserta dan Misa Kudus. Saat acara pembukaan dihadiri oleh Board of Director (BOD) Stefanus Masiun, Chief Executive Officer (CEO) Valentinus serta sejumlah top management yang akan menjadi pemateri dan pendampingnya.

Acara pokok dimulai tanggal. 7 Juni pagi. Banyak materi yang diberikan pada SPA ini, diantaranya materi Filosopi dan Share Value oleh BOD Stefanus Masiun dan CEO Valentinus. Materi ini diberikan selama dua hari berturut-turut. Hari berikutnya materi Product Knowledge oleh Paulus Miki. Materi Pengenalan kredit dan praktek, oleh Sujiman dan Saryono. Materi ini juga diberikan selama dua hari.

Kemudian materi Keuangan Dasar dan Sistim Informasi Puskhat (SIP) oleh Adrianus Somek dan Rekat. Materi ini juga dipaparkan selama dua hari. Di hari terakhir tanggal 12 Juni materi yang diberikan adalah Kebijakan Kepegawaian oleh Kenedi Tian yang menjadi materi terakhir dalam SPA Angkatan XXII ini.

Penulis: Kris Lucas
Photographer: Kris Lucas