Sekilas Info

Gerakan CU Keling Kumang

Pendidikan Dasar dan Penyegaran Anggota Di Masa Pandemi

Pendidikan Anggota dengan cara Kolaborasi Virtual dan Tatap Muka.

SINTANG | SenentangNews.com - Pandemi Covid 19 yang tidak berkesudahan menjadi tantangan tersendiri bagi Credit Union Keling Kumang (CUKK). Untuk memberikan pendidikan anggota (PA) saja, terutama di wilayah yang tingkat penyebarannya tinggi harus dilakukan secara virtual. PA tradisinya dilakukan secara tatap muka, namun dimasa sekarang sulit untuk diterapkan lagi. Sehingga CUKK wajib melakukan inovasi dan beradaptasi dengan perkembangan situasi.

Menurut Kepala Unit Member Education (ME) CUKK, Serverius Loho, contohnya pada tanggal 18 Mei 2021 lalu ada sebanyak 25 Branch Office (BO) yang melakukan Pendidikan Dasar (PD) kepada 172 orang anggota baru. Sedangkan tanggal 21 Mei 2021 ada 18 BO yang melakukan Pendidikan Penyegaran kepada 126 orang anggota lama.

PA secara konsisten terus dilaksanakan di semua BO. Pelaksanaan PA di masa seperti sekarang ini, harus mengkolaborasikan antara virtual dan tatap muka. Secara virtual, semua perserta di undang di masing-masing kantor BO dengan menghadirkan narasumber dari Head Office langsung, mulai dari Ketua Pengurus, CEO dan Top Manajement serta bisa diikuti oleh semua BO.

“Dalam hal PA dilaksanakan secara tatap muka, narasumber yang hadir antara lain Area Manajer atau Branch Manajer. Jumlah peserta yang hadir pun harus dibatasi serta wajib mengikuti protokol kesehatan,” terang Loho, Jumat (4/6/2021) sore.

Kegiatan PA kolaborasi antara Virtual dan tatap muka ini, durasinya antara satu jam 30 menit hingga dua jam 30 menit. Pembagian waktunya nya, 45 menit hingga satu jam dilaksanakan secara virtual dan satu jam sampai dengan satu jam 30 menit dilanjutkan dengan kegiatan tatap muka di masing-masing BO.

“Program ini sudah kami laksanakan mulai pertengahan bulan Mei lalu. Sejauh ini hasil cukup bagus. Rata-rata peserta yang hadir di BO antara 20-25 orang. Kegiatan ini masih akan berlanjut untuk BO-BO lainnya,“ jelas Loho.

Di tempat yang sama, Chief Executive Officer (CEO) CUKK Valentinus, menjelaskan pentingnya PA diberikan kepada anggota. Agar anggota memahami sejarah gerakan Credit Union dan bagaimana anggota bisa mencapai tujuan keuangannya melalui CUKK.

Lebih jauh Valentinus menjleaskan, CU berdiri pertama tahun 1850 di kota Flammerfield, Jerman oleh F.W. Raiffeisen (1818-1888) Walikota Flammerfield Saat Itu. Dibawa masuk ke Indonesia oleh Pater Karl Albrecht, SJ atau akrab dipanggil Pastor Karim Arbie. CU memiliki filosofi “People Helping People Help Themselves,” artinya menolong sesama anggota, Anda juga menolong diri sendiri.

Sebagai anggota CUKK yang baik, haruslah berdiri dengan dua kaki, yaitu memiliki simpanan dan pinjaman hanya di CUKK saja. Dengan demikian anda dapat disebut 100 persen anggota dan sebagai pemilik CUKK.

“CU adalah kendaraan bagi para anggota untuk tujuan keuangannya. Jika ingin sukses mencapai tujuan keuangannya maka gunakanlah CUKK sebagai kendaraan. Bergabunglah bersama CUKK, gunakanlah produk dan layanan secara cerdas. Jadilah orang baik, karena orang baik walaupun rejeki belum tiba tapi bencana telah menjauhinya,” ucap Valentinus.