Sekilas Info

Tingkatkan Kualitas CPNS, Yustinus Harap Bangun Integritas Moral dan Kejujuran

Bupati Sintang yang diwakili oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kabupaten Sintang, Yustinus Membuka mengadakan Pelatihan Dasar (Latdas) CPNS Sintang di Aula BKPSDM

SINTANG | SenentangNews.com- Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Sintang mengadakan Pelatihan Dasar (Latdas) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Golongan III ANgkatan II (XCVII/97) di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Sintang Tahun 2021 di Aula Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Sintang, Rabu, (2/6/2021).

Dalam laporannya Pelaksana Tugas Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Sintang Witarso mengatakan tujuan dari Pelatihan Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yakni untuk membangun integritas moral, kejujuran, semangat dan motivasi nasionalisme serta karakter kepribadian yang unggul dan bertanggungjawab.

“Kita belum lama ini telah memperingati hari lahir Pancasila tanggal 1 Juni 2021. Sudah selayaknya momen tersebut menjadi penyemangat diri untuk terus berinovasi sehingga dapat menghasilkan output yang berorientasi terhadap kesejahteraan rakyat yang terbingkai dalam rasa keadilan dalam keragaman, sebagai bentuk pengabdian diri kepada tuhan yang maha esa,”kata Witarso.

Menurut Witarso bagi para peserta yang dapat menyelesaikan seluruh rangkaian proses pembelajaran dengan baik dan dinyatakan lulus, akan mendapatkan sertifikat berupa Surat Tanda Tamat Pelatihan (STTP), dengan passing grade 70,01.

“Peserta yang memperoleh kualifikasi kurang memuaskan dengan skor dibawah 70,01 dan atau jumlah ketidakhadiran pada kurikulum pembentukan karakter PNS melebihi 6 sesi atau 18 jam pelajaran atau setara dengan 2 hari secara kumulatif, dinyatakan tidak lulus,” jelas Witarso.

Sementara itu Bupati Sintang yang diwakili oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kabupaten Sintang, Yustinus mengharapkan pelatihan dasar ini terbangun integritas moral, kejujuran, motivasi, nasionalisme dan semangat kebangsaan, karakter kepribadian yang unggul dan bertanggung jawab, memperkuat profesionalisme serta kompetensi.

"Diklat merupakan bentuk komitmen pemerintah dalam meningkatkan kompetensi ASN, khususnya para guru, dokter dan tenaga kesehatan lainnya yang profesional, berintegritas serta mampu melaksanakan pekerjaan dengan baik," kata Yustinus.

Menurut Yustinus eksistensi Aparatur Sipil Negara sebagai penggerak roda birokrasi memiliki peran penting dalam mencapai tujuannya dan berkorelasi erat dalam upaya menata birokrasi kelas dunia. Sehingga kedapan Aparatur Negeri Sipil mampu mengapilkasikan bidang ilmu yang diikuti.

“Sesuai dengan Visi dan Misi Bupati Sintang terpilih saat ini untuk melanjutkan prime mover yang salah satunya yaitu menata dan mengembangkan manajemen pemerintah daerah yang sesuai dengan prinsip tata kelola pemerintah yang baik dan bersih,”beber Yustinus .

Yustinus menghimbau kepada Calon Pegawai Negeri Sipil ini dapat mencermikan sikap kesiapsiagaan menghadapi isu kontemporer, berakuntabilitas, mengedepankan kepentingan nasional, menjunjung tinggi standar etika publik, berinovasi untuk peningkatan mutu, dan mendorong pemberantasan korupsi.

“Sehingga kedepan Calon Pegawai Negeri Sipil mampu menjawab tantangan global maupun regional secara profesioanl serta mengelolanya dengan perspektif one government,”pungkasnya.

Penulis: Oktavianus Beny
error: Content is protected !!