Sekilas Info

Gerakan CU Keling Kumang dan Solidaridad Tanam 1.000 Pohon, Subandrio: Selamatkan Paru-Paru Dunia

Seusai secara simbol;ik Wakil Bupati Sekadau Subandrio menanam pohon di area Taman Klempiau.

SEKADAU | SenentangNews.com – Kegiatan penanaman 1.000 pohon di areal Taman Klempiau Tapang Sambas desa Tapang Semadak masih terus berlangsung hingga hari ini Jumat (28/5/2021) sore. Penanaman dilakukan oleh sejumlah pekerja yang ada di Taman Klempiau. Kegiatan ini sebetulnya sudah dimulai pada tanggal. 27 Mei, dan dibuka oleh Wakil Bupati Sekadau Subandrio.

Kawasan Wisata Taman Klempiau serta sejumlah obyek yang berada di lokasi tersebut, dikelola oleh Yayasan Pusat Pemberdayaan Sumber Daya Ibanik (PPSDI). PPSDI adalah bagian dari Gerakan Credit Union Keling Kumang (GCUKK).

Kehadiran Subandrio didampingi oleh anggota DPRD Sekadau Jeffray Raja Tugam serta sejumlah pejabat lainnya. Nampak hadir Kapolsek Sekadau Hilir Iptu Agus Junaidi dan sejumlah anggota Komunitas Tawak Borneo Sekadau.

Dalam kesempatan tersebut Subandrio mengatakan, bahwa gerakan menanam 1.000 pohon ini sangat bermanfaat karena sudah selaras dengan program Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Daerah.

“Kita melihat bahwa semakin hari bumi kita semakin panas, penduduk dunia semakin bertambah dengan total lima milyar jiwa, ini tentu akan mengurangi jumlah lahan serta tumbuh-tumbuhan,” kata Subandrio

Menurutnya, manfaat dari menanam 1.000 pohon tersebut bukan hanya untuk di daerah Kabupaten Sekadau saja, tetapi juga untuk dunia. Karena dengan kita menanam pohon, sama dengan turut menyelamatkan paru-paru dunia.

“Ini suatu gerakan yang sangat baik dan kami sebagai unsur Pemerintah Daerah Kabupaten Sekadau sangat menyambut baik gerakan ini. Apresiasi juga kepada komunitas-komunitas lainnya yang juga dapat bekerja sama dengan Keling Kumang,” kata Subandrio.

Sementara itu, anggota DPRD Kabupaten Sekadau, Jeffray Raja Tugam juga turut mengapresiasi kegiatan ini, yang menurutnya merupakan tindak lanjut dari Peraturan Presiden yang mengharuskan kepada setiap satu orang setidaknya untuk menanam satu pohon.

“Saya secara pribadi maupun secara lembaga sangat mendukung adanya kegiatan ini. Baik kerjasama antara Keling Kumang dengan lembaga maupun organisasi lainnya, dapat melaksanakan kegiatan bukan hanya untuk kepentingan bangsa dan negara juga untuk kepentingan dunia,” kata Jeffray.

Disaat yang sama, Social Performance Management Head Keling Kumang Paskalis MY mengungkapkan, GCUKK menanam 1.000 Pohon ini merupakan salah-satu komitmen GCUKK dan Solidaridad dalam turut menciptakan lingkungan dan udara yang bersih.

“Kegiatan seperti ini sudah kita lakukan beberapa kali. Bulan lalu kita bersama Dinas Lingkungan Hidup dan Dinas Pariwisata Kabupaten Sekadau menanam tanaman endemik khas yang ada di Kalimantan. Hari ini kita kembali melakukan kegiatan menanam 1.000 pohon di Kawasan Taman Kelempiau,” ucap Paskalis.

Disela kegiatan, Manager PPSDI Hendrikus Mangku menginformasikan bahwa jumlah bibit pohon yang ditanam ada 1.000 pohon lebih. Diantaranya, bibit durian, rambutan, petai, jeruk dan pisang sebanyak 300 pohon, selebihnya adalah tanaman endemik lainnya.

“Bibit ini sumbangan dari Solidaridad sebagai mitra dari GCUKK. Kegiatan seperti ini sudah kerap dilakukan, misalnya adalam acara Hari Lingkungan Hidup Sedunia. Bahkan jauh sebelum ada Taman Klempiau di GCUKK ada program School Garden. Yaitu penanaman pohon di sejumlah Sekolah Dasar dan di sejumlah lokasi tanah kosong,” terang Mangku.

Pada acara pembukaan ini, pihak GCUKK diwakili oleh Paskalis. MY, Hendrikus Mangku dan beberapa orang aktivis GCUKK lainnya.

Penulis: Kris Lucas