Sekilas Info

Aron: PPL Ujung Tombak Pertanian di Sekadau

SEKADAU | SenentangNews.com- Dinas Ketahanan Pangan Pertanian, perkebunan dan Perikanan (DKPPP) Kabupaten Sekadau menggelar acara kegiatan pelatihan Manajerial BPP Kostratani Angkatan ke III tahun 2021, Senin (24/5/2021).

Kegiatan yang dihadiri hampir seluruh Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) di Bumi lawang Kuari tersebut dibuka langsung Bupati Sekadau Aron di gedung PKK Sekadau.

Bupati Sekadau Aron mengharapkan kegiatan yang menunjang sumber daya manusia (SDM) di bidang pertanian tersebut dapat dimanfaatkan dengan baik oleh PPL sehingga kedepan pertanian di Kabupaten Sekadau semakin baik.

"PPP ini ujung tombaknya pertanian di lapangan dalam membackup semua keluhan petani terhadap berbagai hal,"kata Aron.

Aron juga mendorong penyuluh pertanian lapangan (PPL) untuk mengajarkan inovasi dan tekhnologi kepada para petani demi meningkatkan hasil pertanian di daerah Kabupaten Sekadau.

"Kita juga berharap kepada tenaga PPL untuk selalu siap menghadapi tantangan kedepan. Hal ini demi mempermudah para petani untuk bertukar pendapat,"jelas Aron.

Selain itu lanjut Aron kedepan agar Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) yang menjadi tempat bagi petani untuk berkonsultasi mengenai bibit, pupuk dan benih dapat di giatkan kembali.

"Sebab hal ini sejalan dengan visi dan misi bupati terpilih, demi menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) untuk menyongsong program IP3K sebagai wujud implementasi visi dan misi bupati Sekadau tahun 2021-2024,"ungkap Aron.

Salah satu Tugas PPL di lapangan kata dia lagi, adalah tentu membentuk kelompok tani baru serta memastikan lahan bagi petani. Serta mendampingi petani untuk memberikan penyuluhan mengenai cara mengunakan pupuk,menyemai bibit atau benih serta mengunakan bahan petisida yang baik.

"Inilah nanti tugas para PPL di lapangan, sebagai ujung tombak pemerintah dalam rangka memajukan bidang pertanian di Kabupaten Sekadau," pungkasnya.

Kontributor Daerah: Sutarjo
Editor: Oktavianus Beny