Sekilas Info

Posko Covid Perbatasan Sintang-Sekadau Diperpanjang, Jarot Minta Warga Jujur Jika Ada Gejala Covid-19

Bupati Sintang Jarot Winarno meninjau posco covid-19 perbatasan sintang sekadau tepatnya di desa sepulut kecamatan sepauk, senin 17 mei 2021 malam

SINTANG | SenentangNews.com- Pemerintah Kabupaten Sintang resmi memutuskan untuk memperpanjang operasional posko Covid-19 di Desa Sepulut Kecamatan Sepauk hingga 24 Mei 2021. Hal tersebut berdasarkan intruksi bupati Sintang terhadap arus balik pasca libur lerbaran tahun 2021.

“Kita putuskan untuk memperpanjangn operasional di Desa Sepulut Kecamatan Sepauk sampai dengan tanggal 24 Mei 2021 mendatang,”kata bupati Sintang Jarot Winarno, Senin (17/5/2021) malam.

Sebelumnya Operasi Ketupat Kapuas 2021 yang digelar sejak 6 Mei seyogyanya akan berakhir pada 17 Mei. Namun, Kepolisian Republik Indonesia mengumumkan penerapan operasi Kegiatan Rutin Yang Ditingkatkan (KRYD) hingga 24 Mei 2021.

“Kami juga sudah menyampaikan informasi ini kepada Kapolres Sintang, Dandim Sintang, Komandan Den POM, Kadiskes Sintang, Kadishub Sintang, Kasatpol PP, dan Kades Sepulut untuk mendapaykan dukungan penuh dari mereka dan tentunya dari jajaran BPBD terhadap penambaha operasionalnya,”kata Jarot.

Menurut Jarot penambahan operasiona Posko Covid-19 antara batas Sintang dan Sekadau bertujuan untuk mengantisipasi arus balik warga masyarakat kembali ke daerah masing-masing yang keluar daerah Sintang kembali ke Sintang lagi.

“Ini perlu dilakukan pengecekan kembali jangan sampai malah membawa dampak penyebaran Covid19 di sini (Sintang-red). Saya minta masyarakat jujur jika ada Gejala Covid-19,"jelas Jarot.

Selain itu kata Jarot keberadaan tim Satgas Covid-19 di daerah perbatasan Sintang-Sekadau sangat membantu, terutama memberikan laporan terkait perkembangan Covid-19 di wilayah Sintang. Dengan adanya posko penanganan Covid-19 warga yang memiliki gejala maupun yang terpapar bisa segera tertangani.

“Perpanjangan ini juga sebagai bentuk penanganan serta pencegahan Covid-19 yang akan masuk di Sintang,”beber Jarot.
Dikatakannya, sejauh ini tim satgas Covid-19 sudah berjalan maksimal. Hal ini terlihat dari kasus Covid-19 mengalami penurunan. Dia pun mengaku cukup puas dengan sinergi antara semua pihak.

“Kami sangat mendukung, dan berharap tim satgas terus melakukan pemantauan kepada masyarakat,” lanjutnya.
Jarot juga mengingat masyarakat Sintang agar tetap mematuhi protokol kesehatan untuk memutus rantai penularan Covid-19. “Jangan lengah sebab Sintang masih rawan terhadap penyebaran Covid-19,”pungkas Jarot.

Penulis: Oktavianus Beny