Sekilas Info

Tingkat Kehadiran ASN Hari Pertama Masuk Kerja Capai 90 Persen

Wakil Bupati Sintang Sudiyanto Melakukan Sidak di PDAM Tirta Senentang

SINTANG I SenentangNews.com- Hari pertama masuk kerja bagi seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup Pemerintah Kabupaten Sintang pasca libur Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah, tidak ada yang berani bolos kerja, Senin (17/5/2021).

Berdasarkan inspeksi mendadak yang dilakukan bupati Sintang Jarot Winarno di lima Organisasi Perangkat Daerah (OPD) ke sejumlah pelayan publik semua ASN tampak hadir.

Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang Yosepha Hasnah melakukan sidak ke lima OPD yakni Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Sintang, Dinas Perhubungan Kabupaten Sintang, Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Sintang, UPTD Puskesmas Sungai Durian dan Kelurahan Ladang.

"Hasil sidak menunjukan bahwa tingkat kehadiran Aparatur Sipil Negara di 15 OPD tersebut sudah sangat baik yakni mencapai rata-rata 90 persen. Sisanya ada yang sedang bertugas di lapangan dan ijin,"ujar Sekda.

Sekda berpesan kepada ASN di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Sintang agar masuk kantor seperti biasa. Kecuali dalam keadaan OPD tersebut ada staf yang tertular covid-19 dan melakukan lockdown atau work from home 50 persen.

“Tetap disipilinlah dalam menerapkan protokol kesehatan. Semangat bekerja, beraktivitas dan tetap sehat selalu,”pesan Yosepha.

Sementara itu Bupati Sintang Jarot Winarno ditemui usai sidak berlangsung mengaku puas atas kehadiran hari pertama kerja ASN pasca libur lebaran tahun 2021 suda mencapai diatas 80 persen.

“Tingkat kehadiran sudah bagus. Hanya saja tingkat produktivitas kerjanya belum tahu. Yang pasti tingkat kehadiran di hari pertama pasca libur dan cuti bersama ini sudah lumayan,” terang Bupati Sintang.

Dalam kesempatan tersebut Jarot berpesan kepada seluruh ASN lebih fokus dalam menjalankan program yang telah direncakan oleh pemerintah daerah agar dapat terlaksana dengan baik dan sesuai harapan semua pihak.

“Lebih fokus melaksanakan kegiatan pembangunan meskipun masih dalam situasi pandemic Covid-19,”ajak Jarot.

Wakil Bupati Sintang Sudiyanto usai sidak di 5 OPD menyampaikan sidak ini sekaligus silaturahmi kepada ASN yang merayakan Idul Fitri 1442 Hijriah. Sidak ini kata Sudiyanto sekaligus mengingatkan ASN soal penerapan protokol kesehatan

“Kita juga juga melihat tingkat kehadiran ASN pasca cuti dan libur Idul Fitri. Hasilnya, mereka sudah hadir. Bahkan sudah ada OPD yang langsung melaksanakan apel pagi, pelayanan kepada masyarakat juga sudah berjalan baik. Ada juga yang melakukan work from home, tetapi pelayanan kepada masyarakat tetap berjalan seperti biasa,”jelas Sudiyanto.

Penulis: Oktavianus Beny