Sekilas Info

Mahkamah Konstitusi Periksa Kembali PHP Kabupaten Sekadau

Penasihat Hukum Rupinus-Aloysius, Glorio Sanen.

SEKADAU | SenentangNews.com - Rupanya masih ada upaya hukum lain yang ditempuh pihak Rupinus-Aloysius dalam Perselisihan Hasil Pemilihan Kabupaten Sekadau Tahun 2020, sebagaimana diajukan Pihak Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Sekadau No Urut 2 Rupinus-Aloysius.

Upaya hukum lain ini ditanggapi oleh pihak Mahkamah Konstitusi, dengan terbitnya surat dari Panitera No. 457.137/PAN.MK/PS/05/2021 tanggal. 10 Mei 2021 dengan perihal Pemberitahuan Sidang. Ini masih dalam kaitan Perkara PHP Gubernur, Bupati dan Walikota Tahun 2020 yang telah dicatat dalam Buku Registrasi Elektronik Perkara Konstitusi (e-BRPK) dengan registrasi perkara No. 137/PHP-BUP-XIX/2021..

Sebelumnya dalam amar putusan Mahkamah Konstitusi telah memenangkan pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Sekadau No Urut 1 Aron-Subandrio. Bahkan Aron-Subandrio telah dilantik serta telah menjalankan tugasnya sebagai Bupati dan Wakil Bupati Sekadau.

Panitera Mahkamah Konstitusi berdasarkan Peraturan Mahkamah Konstitusi No 6 Tahun 2020 tentang Tata Beracara dalam Perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota, telah memberitahukan hari sidang pertama dalam perkara antara Rupinus-Aloysius Pasangan Calon Bupati/Wakil Bupati Sekadau sebagai Pemohon terhadap Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Sekadau sebagai Termohon.

Menurut pihak Kuasa Hukum dari pihak pasangan Rupinus-Aloysius Glorio Sanen, Rabu (12/5/2021), pokok permohonannya adalah Pelaksanaan Penghitungan Surat Suara Ulang yang bertentangan dengan Peraturan Perundang Undangan yang berlaku.

“Sesuai dengan surat pemberitahuan dari Panitera tersebut, maka acara Sidang dengan agenda Pemeriksaan Pendahuluan akan digelar pada hari Rabu tanggal. 19 Mei 2021 mendatang,” terang Glorio Sanen kepada SenentangNews.com.

Penulis: Kris Lucas
Photographer: Kris Lucas