Sekilas Info

Kasus Covid-19 Makin Meningkat, Wabup Sidak OPD Pelayanan

Wakil Bupati Sintang Melakukan Sidak Ke salah satu OPD Pelayanan

SINTANG | SenentangNews.com- Wakil bupati Sintang Sudiyanto mewajibkan seluruh perkantoran di Kabupaten Sintang protokol kesehatan demi mencegah penyebaran virus Covid-19 di tempat kerja.

“Penerapan protokol kesehatan di semua OPD wajib menyediakan tempat cuci tangan pakai air menggunakan sabun, ASN wajib menggunakan masker, sampai jaga jarak saat bekerja,”kata Sudiyanto saat melakukan inspeksi mendadak ke sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Sintang, Selasa( 4/5/2021).

Pada inspeksi mendadak tersebut, Wakil Bupati Sintang Sudiyanto, SH mengecek seluruh protokol kesehatan yang dijalankan oleh OPD seperti tempat cuci tangan, tempat duduk staf dan pengunjung, serta penggunaan masker.

Inspeksi mendadak dilaksanakan untuk mengingatkan jajaran Pemkab Sintang agar menerapkan seluruh protokol kesehatan dengan ketat untuk mencegah penularan covid-19 dan menghindari terjadinya klaster perkantoran.

“Saya tidak mau ada terjadi klaster perkantoran di Sintang ini. Maka kita saling mengingatkan satu dengan yang lain dalam penerapan protokol kesehatan. Kepada pimpinan OPD untuk mengawasi dengan rutin penerapan prokes ini. ASN yang melakukan WFH juga, jangan lalu berkeliaran di pasar bahkan warung kopi,”tegas Sudiyanto.

Menurut Sudiyanto ASN harus menjadi contoh bagi masyarakat dalam penerapan prokes sebab Ia melihat, masih banyak masyarakat yang kurang menaati protokol kesehatan. Terlihat di jalan maupun tempat-tempat lainnya seperti pasar tradisional dan pusat perbelanjaan.

“Saya melakuan sidak ini juga karena melihat sudah beberapa OPD yang melakukan lockdown akibat ada stafnya yang tertular covid-19. Kepala OPD, Sekretaris, Kabid dan Kasi di semua OPD agar mengingatkan jajarannya,”beber Sudiyanto.

Saat ini lanjut Sudiyanto seringkali bisa menyuruh orang lain patuh sementara kita sendiri tidak patuh terhadap Prokes sebab Penularan covid-19 tidak lewat binatang, tetapi antar manusia dan itu fakta yang terjadi saat ini.

“Jadi Jangan lelah untuk mengingatkan masyarakat yang berurusan ke OPD untuk menerapkan protokol kesehatan. Saya minta tugaskan satu orang staf di pintu depan, arahkan sesama ASN yang baru datang dan masyarakat yang memerlukan pelayanan kita untuk mencuci tangan. Kalau mereka tidak pakai masker, berikan masker,”jelasnya lagi.

Terpisah Kepala Badan Pengelola Pendapatan Daerah Kabupaten Sintang Abdul Syufriadi saat menerima kedatangan Wakil Bupati Sintang menjelaskan bahwa instansinya baru selesai melakukan lockdown karena ada ASN yang terkonfirmasi tertular covid-19.

“Saat ini 50 persen ASN melakukan work from home. Saya sudah mengingatkan jajaran kami agar selalu waspada, menerapkan protokol kesehatan secara ketat, dan kalau merasakan ada gejala, lakukan isolasi mandiri di rumah,”kata Abdul Syufriadi.

Sementara itu Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Sintang Martin Nandung menyampaikan anggota Satuan Polisi Pamong Praja saat ini tanpa lelah melakukan razia penerapan protokol kesehatan dan mengingatkan masyarakat terhadap bahaya Covid-19.

“Kami juga ingin agar semua orang yang habis melakukan perjalanan dari luar Sintang agar melapor ke Dinas Kesehatan dan melakukan isolasi mandiri di rumah. Kalau tidak sangat penting, jangan keluar daerah,”pesan Martin Nandung.

Penulis: Oktavianus Beny