Sekilas Info

FKUB Sintang Diminta Sosialisasikan Pencegahan Covid-19

Wakil Bupati Sintang Sudiyanto, SH memberikan pengarahan kepada pengurus Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Sintang Periode 2021-2026 di Langkau Kita, Selasa, 4 Mei 2021.

SINTANG | SenentangNews.com- Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Sintang Periode 2021-2026 melaksanakan rapat perdana setelah mendapatkan Surat Keputusan Bupati Sintang. Rapat dilaksanakan untuk menentukan pengurus FKUB Kabupaten Sintang Periode 2021-2026, dipimpin Wakil Bupati Sintang Sudiyanto di Langkau Kita, Selasa( 4/5/2021).

Wakil Bupati Sintang Sudiyanto mengharapkan, peran dan fungsi Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) di Kabupaten Sintang ini dapat diperluas, terutama dalam hal membantu pemerintah menyosialisasikan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Di samping berperan memelihara keharmonisan, kerukunan dan persatuan umat beragama, peran FKUB dalam menyosialisasikan protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19 sekarang ini dinilai sangat penting, mengingat forum tersebut diisi oleh tokoh agama yang dapat dengan masyarakat.

“Tokoh - tokoh agama punya pengaruh yang besar terhadap masyarakat dilingkungannya. Maka dari itu, di tengah pandemi ini FKUB se-Sintang bisa berperan aktif dalam menyosialisasikan protokol kesehatan,” katanya.

FKUB kata Sudiyanto memiliki peran penting dalam membantu pemerintah, sehingga keberadaannya juga harus terus disupport pemerintah dalam melaksanakan berbagai kegiatan menciptakan dan menjaga serta membina kerukunan antar-umat bergama.

“Kami mengharapkan FKUB ini dapat didukung dalam melaksanakan program dan kegiatannya, karena FKUB sangat membantu pemerintah daerah terutama di masa pandemic seperi saat ini,” ucap Sudiyanto.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sintang H. Anuar Akhmad, S. Ag menyampaikan FKUB adalah organisasi yang sangat strategis keberadaannya ditengah kehidupan masyarakat.

“FKUB menjadi mitra pemerintah dalam menangani berbagai hal dan menciptakan kondisi masyarakat yang aman dan damai. Forum kerukunan ini, harusnya antara sesame anggota FKUB saling rukun, dengan pemerintah juga rukun dan dengan masyarakat juga rukun dan damai,”katanya.

Anuar berharap keberadaan FKUB semakin menambah kekuatan bagi Kabupaten Sintang untuk mencipatkan kedamaian di tengah masyarakat dan menambah semangat bagi masyarakat dalam menjaga persatuan.

“FKUB harusnya menjadi simbol persatuan umat dan elemen bangsa. Maka ada Pastor, Pendeta dan Ustad menjadi anggota FKUB. Kami berharap FKUB kali ini lebih maksimal dan bermanfaat bagi daerah kita,” tambah H. Anuar Akhmad

Pelaksana Tugas Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Sintang Syarief Yasser Arafat menjelaskan bahwa sudah ada keputusan Bupati Sintang tentang penetapan anggota FKUB Kabupaten Sintang dan pembentukan Dewan Penasehat FKUB Kabupaten Sintang periode 2021-2026.

“Jumlah keseluruhan anggota FKUB Kabupaten Sintang periode 2021-2026 sebanyak 17 orang. Hari ini anggota FKUB melakukan rapat internal untuk menyusun kepengurusan FKUB Kabupaten Sintang periode 2021-2026. Setelah pengurus FKUB Kabupaten Sintang terbentuk, akan ditetapkan melalui SK Bupati Sintang,”pungkasnya.

Penulis: Oktavianus Beny