Sekilas Info

CUKK Dukung Tindakan Tegas Satgas Penanganan Covid-19

Stefanus Masiun, Ketua Dewan Pengurus CUKK.

SINTANG | SenentangNews.com – Melonjaknya angka orang tertular Covid-19 khususnya di Kalimantan Barat, membuat Credit Union Keling Kumang (CUKK) harus berupaya sedapat mungkin membentengi 634 aktivisnya. Para aktivis yang tersebar di 67 kantor pelayanan, karena pelanan kepada 183 ribu anggota tidak boleh terhenti. Perputaran ekonomi anggota tidak boleh terhalang.

Sejauh pantauan, protokol kesehatan (Prokes) yang diterapkan di kantor-kantor pelayanan CUKK sudah cukup memadai. Namun mengingat setiap kantor pelayanan menjadi tempat pemusatan publik setiap hari Senin hingga Jumat, mungkin ada kiat lain yang akan dilakukan CUKK, yang lebih baik dari sekedar memenuhi standar Prokes yang ada.

Ketua Dewan Pengurus CUKK Stefanus Masiun yang dihubungi media ini hari Jumat (7/5/2021), mengawali dengan rasa syukur bahwa jauh-jauh hari CUKK sudah meningkatkan kemampuan di bidang informasi teknologi (IT), dan sudah menerapkan pelayanan dengan digitalisasi.

“Dengan IT dapat mengurangi adanya kontak langsung. Kegiatan interaksi dan transaksi pun dapat dilakukan secara online. Tidak sia-sia pada Februari 2021 lalu CUKK meraih penghargaan nasional dalam kategori Teknologi Informasi terbaik,” kata pria yang juga Rektor Institut Teknologi Keling Kumang (ITKK) ini.

Masih menurutnya, dengan teknologi pelayanan digital akan jauh mengurangi orang datang ke kantor. Para aktivis di bagian tertentu juga sudah mulai dengan work from home. CUKK terus mendorong para anggota untuk menggunakan layanan digital yang tersedia, sehingga tidak harus repot-repot datang ke kantor.

Langkah lainnya, kata Masiun, kantor-kantor pelayanan akan kembali disemprot dengan cairan disinfektan. Kantor Pusat di Tapang Sambas baru beberapa hari lalu telah disemprot ulang, menyusul kantor-kantor lainnya. CUKK juga segera mengajukan tes swab bagi semua staf yang potensial terpapar Covid-19.

Saat ditanya tentang keberadaan Pos Pemeriksaan oleh Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Sintang di desa Sepulut, apakah tidak menyulitkan lalu-lintas aktivis ke Kantor Pusat di Tapang Sambas. Menurut Masiun pasti sedikit menyulitkan, namun kita harus memahami dan mematuhi anjuran pemerintah sebagai bentu kdukungan kegiatan Satgas tersebut.

“Pada prinsipnya CUKK mendukung ketegasan serta tindakan pemerintah dan Satgas dalam menangani Pandemi Covid-19. Terlebih lagi sekarang ini kondisinya sudah tergolong kondisi luar biasa,” ucap Masiun.