Sekilas Info

Pembangunan Enam Unit Rumah Dinas Dosen ITKK Sekadau Dimulai

Suasana saat acara peletakan batu pertama pembangunan enam rumah dinas Dosen ITKK.

SEKADAU | SenentangNews.com – Masih dalam suasana Hari Pendidikan Nasional, Senin (3/5/2021), Yayasan Pendidikan Keling Kumang (YPKK) melaksanakan kegiatan peletakan batu pertama pembangunan enam unit rumah dinas Dosen Institut Teknologi Keling Kumang (ITKK). Terletak di Mungguk Ransa Jl. Sekadau - Rawak, lokasi ini berdekatan dengan komplek Sekolah Menengah Kejuruan Keling Kumang (SMK KK).

Kegiatan diawali dengan upacara ritual Adat Dayak pada pukul. 06.00, dipimpin oleh Aneng yang juga pengurus di YPKK dibantu oleh Anai tetua adat setempat. Meski saat kegiatan lokasinya masih becek karena sebelumnya diguyur hujan semalaman, kegiatan dapat berjalan lancar. Meski para peserta pun harus menggunakan sepatu boot. Kemudian pada pukul. 08.00 dilanjutkan dengan peletakan batu pertama sekaligus pemberkatan oleh Kristianus. CP Pastor Paroki St. Petrus dan Paulus Sekadau.

“Namun syukurlah, meskipun saat awal upacara adat masih hujan gerimis, tetapi begitu upacara adat selesai cuaca berubah menjadi cerah,” kata Aneng.

Guna menghindari terjadinya kerumunan, acara ini tidak mengundang banyak orang. Selain Wakil Ketua Yayasan LH. Anwar, Pengawas Yayasan Dominikus, Kepala SMK KK Petrus Rendon dan sejumlah guru. Turut hadir Deputy CEO Credit Union Keling Kumang Thomas Aquino. Selain itu adalah para kru pelaksana kegiatan.

Ketua YPKK Redemtus Musa saat dihubungi melalui telepon, Selasa (4/5/2021) menjelaskan, pembangunan enam unit rumah dinas ini adalah pembangunan tahap satu. Mengacu kepada program kerja Yayasan, nantinya akan dibangun 15 unit dalam tahun 2021-2022. Pembangunannya akan dilakukan secara bertahap.

Musa merincikan, untuk tahap pertama baru dibangun enam unit. Yang ini diharapkan selesai dalam waktu 90 hari kerja, sehingga dapat diresmikan penggunaannya pada Dies Natalis Ke-I ITKK pada 5 Agustus 2021 mendatang. Untuk tahap kedua akan dibangun lima unit, dan pada tahap ketiga nanti akan dibangun sebanyak empat unit.

Ditambahkannya, dengan dibangunnya Perumahan Dosen ini, diharapkan salah satu problem kepegawaian terkait perumahan, secara bertahap persoalannya mulai terpecahkan. Dan para Dosen yang akan mulai bertugas pada September 2021 nanti, dapat melaksanakan tugasnya dengan leluasa dan nyaman.

Masih kata Musa, acara ini dapat berlangsung dengan lancar, berkat persiapan yang dilakukan oleh Direktur Yayasan, Adilbertus. AS beserta manajemen Yayasan. Kelancaran kegiatan ini juga tidak terlepas dari dukungan pihak kontraktor. Kontraktor ini telah bertahun-tahun bekerjasama dengan Yayasan, yaitu sejak membangun SMK KK dulu,” kata Redemtus Musa.

“Sebagai Ketua Yayasan, saya mohon maaf tidak bisa hadir pada kesempatan penting ini, karena kondisi Pandemi Covid-19 di Kalimantan Barat belum mereda dan adanya pembatasan perjalanan menjelang libur lebaran ini. Namun demikian, dari Ketapang saya terus memonitor kegiatan ini, mulai dari persiapan sampai dengan pelaksanaannya,” tutur Musa.

Menurut Direktur Yayasan Adilbertus. AS, sejak terbitnya Surat Ijin Operasional ITKK, 5 Agustus 2020 lalu, pihak YPKK sebagai Badan Penyelenggara Perguruan Tinggi ini, terus melakukan persiapan dan pembenahan dalam semua aspek, dengan demikian pada Tahun Akademik 2021/2022 ini telah siap menerima mahasiswa baru untuk tiga program studi yang telah dibuka; yaitu Prodi Agroteknologi, Prodi Rekayasa Komputer dan Prodi Entrepreneurship atau Kewirausahaan.

Para Dosen yang berkualitas dan berkomitmen juga sudah tersedia, untuk menyambut para mahasiswa baru serta siap memberikan pelayanan teraiknya. Bahkan pada tahun 2021 ini, Yayasan juga sudah mengirim empat orang Dosen untuk studi S2 di Universitas Tanjung Pura (Untan) Pontianak dan Universitas Bina Nusantara (Binus) Jakarta.

Prodi Agroteknologi dibuka, mengingat di Kalimantan Barat pada umumnya dan Kabupaten Sekadau khususnya, sebagian besar masyarakatnya hidupnya dari sektor pertanian dan perkebunan, khususnya tanaman sawit.

Untuk Prodi Rekayasa Komputer dibuka karena di era teknologi informasi ini, teknologi computer merupakan kebutuhan kekinian. Terlebih dunia IT sangat digemari oleh kaum milenial dan merupakan tuntutan dunia kerja masa kini.

“Sedangkan untuk Prodi Entrepreneurship atau Kewirausahaan dibuka untuk mempersiapkan kaum muda agar memiliki jiwa mandiri, tidak hanya berharap mencari pekerjaan, tetapi justru menciptakan lapangan pekerjaan, Sehingga diharapkan mampu menghasilkan generasi muda yang mandiri, kreatif, inovatif dan mapan,” ucap Adilbertus.