Sekilas Info

Jarot Harap Fatayat NU Sintang Berdayakan Kaum Perempuan

Bupati Jarot saat menghadiri acara Pelantikan PC Fatayat NU di Pendopo, Minggu (4/4/2021)

SINTANG |SenentangNews.com- Bupati Sintang Jarot Winarno menghadiri pelantikan Pimpinan Cabang Fatayat Nahdlatul Ulama (NU) Kabupaten Sintang masa khidmat 2020-2025 yang di lantik oleh Pengurus Wilayah Fatayat NU Provinsi Kalbar di Pendopo Bupati Sintang, Minggu (4/4/2021).

"Saya senang dengan temanya yakni tangguh dan bermartabat. Sesuai dengan seorang wanita ketika menjadi ibu itu harus tangguh dan bermartabat"ucap Jarot dalam sambutannya.

Menurut Jarot Fatayat NU merupakan gerakan ibu-ibu yang memperjuangkan kesetaraan gender dan pemberdayaan masyarakat. Organisasi ini dianggap punya andil besar dalam pembangunan.

"Banyak perempuan yang ikut membangun SIntang. Kami harap lebih banyak lagi kader Fatayat NU ikut andil berperan dalam pembangunan," ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Bupati mengharapkan agar Fatayat NU ikut bergerak menjaga Sintang agar tetap kondusif. "Fatayat NU ini juga kami harap bisa menjaga persatuan dan kesatuan. Supaya tidak terpecah belah dan mampu menciptakan suasana aman serta kondusif di SIntang ini," harapnya.

Jarot berpesan kepada PC Fatayat NU yang sudah di lantik ini mengambil bagian dalam proses pembanguan di Kabupaten Sintang. Terlebih Kabupaten Sintang sangat memperkuat peran masyarakat sipilnya, sehingga fatayat NU Sintang bisa ambil bagian.

"Mari bergerak di sektor pertanian dan perkebunan karena sektor itu yang sangat stabil tidak terkena dampak dari corona ini, kemudian juga bisa bergerak di sektor-sektor yang lain,”pesan Jarot.

Ketua PC Fatayat NU Sintang, Endah Sugiarti mengatakan, melalui tema yang diangkat pada pelantikan ini, yakni menuju perempuan Nahdliyin tangguh dan bermartabat, di harapkan terwujudnya perempuan-perempuan tangguh dan bermartabat di Kabupaten Sintang

"Terlebih diera millenial ini perempuan harus bisa menggenggam visi dan misi dimana berbekal ilmu dan wawasan khususnya di bidang teknologi yang semakin canggih"ujar Endah.

Kata Endah perempuan harus menekuni pengetahuan berbasis teknologi untuk menyampaikan informasi dan mencari pengetahuan.

"Perempuan tangguh juga perempuan yang mampu berdiri dan tidak lari dari masalah melainkan bersikap mandiri dan teguh. Sosok seperti inilah yang membuat perempuan semakin di segani dan membuat perempuan mampu untuk bertahan di tengah kehidupan saat ini,”jelas Endah.

Sementara itu Pengurus Wilayah Fatayat NU Kalbar, Ita Nurcholifah berpesan kepada PC Fatayat NU Sintang usai di lantik ini agar selalu kompak dan menjadikan modal integritas moral untuk membangun peradaban keluarga, organisasi daerah dan bangsa.

"Mudah-mudahan kedepan PC Fatayat NU Sintang bisa menjadi pc fatayat NU percontohan bagi sebuah entitas organisasi fatayat NU di seluruh Indonesia dan dapat mewujudkan perempuan-perempuan nahdliyin yang tangguh dan bermartabat sesuai dengan tema,”pungkasnya.

Penulis: Oktavianus Beny