Sekilas Info

Tinjau Lokasi Kebakaran di Sungai Segak, Wabup Minta Pengurusan Izin Jangan Dipersulit

Wakil bupati Sintang Sudiyanto Saat Menyerahkan Bantuan Kepada Korban Kebakaran di Dusun Juwau Desa Sungai Segak Kecamatan Sepauk

SINTANG | SenentangNews.com- Peristiwa kebakaran yang terjadi di Dusun Juwau Desa Sungai Segak Kecamatan Sepauk kabupaten Sintang ,Kalimantan Barat ludes terbakar pada Minggu (25/4/ 2021), nampaknya mencuri banyak perhatian dari semua kalangan.

Melihat hal tersebut, Wakil Bupati Sintang Sudiyanto berinisiatif, untuk mengunjungi serta melihat secara langsung lokasi maupun kondisi terkini para korban peristiwa kebakaran tersebut.

Sudiyanto yang didampingi didampingi Kasat Pol PP dan Damkar Sintang Martin Nandung, Kabid Damkar Yudius, Kepala BPBD Kab Sintang Bernard Saragih, Kepala Dinas Sosial Kab. Sintang . Setina, Senin (26/04/2021) melihat langsung kondisi warganya yang tertimpa musibah dan menyerahkan bantuan sosial dari Kemensos.

Dalam kesempatan tersebut, dirinya juga turut merasa prihatin dan berduka dengan peristiwa kebakaran yang menimpa warga setempat. "Semoga korban diberikan kesabaran serta ketabahan dalam menghadapi ini," katanya, Senin (26/4/2021).

Saat di lokasi, Sudiyanto pun meminta informasi dari ketua RT terkait situasi terkini sekaligus data para korban yang terkena musibah. Sesekali beberapa korban pun tampak beridalog dengan Sudiyanto, sekaligus menyampaikan harapan agar mendapatkan bantuan, khususnya kemudahan dalam pengurusan dokumen-dokumen resmi yang telah terbakar.

“Saya sudah sampaikan ke Disdukcapil agar langsung didata para korban ini. Dan langsung dilakukan pengurusan. Jangan sampai dipersulit. Dokumennya pun bisa langsung segera diterbitkan. Karena ini akan sangat diperlukan dalam pengurusan administrasi nantinya,” ucapnya.

“Kita pemerintah daerah cukup prihatin , kejadian ini yang ke 4 kalinya terjadi di kecamatan Sepauk dalam kurun waktu 4 bulan terakhir, dan ini kerugian di taksir Rp.2-3 Milyar dari 7 Ruko,”ujarnya.

Seperti diketahui api menghanguskan 7 buah Ruko milik warga di Dusun Juwau Desa Sungai Segak Kecamatan Sepauk kabupaten Sintang sekitar pukul 17.25 WIB Api yang menjalar begitu cepat karena bangunan dan isinya bahan mudah terbakar , dalam kejadian tersebut tak satupun barang isi ruko yang dapat diselamatkan.

Untuk sementara api diduga dari arus pendek listrik, sementara api dapat dipadamkan sekitar pukul 23.00 wib dengan menggunakan alat seadanya dan dibantu dua Tanki milik perusahaan sawit setempat.

Penulis: Oktavianus Beny