Sekilas Info

Satu Pengunjung Warkop Positif Corona, Sudiyanto: Masyarakat Kita Tidak Jujur

Tim Satgas Covid-19 Kabupaten Sintang Saat Melkukan Swab Antigen di salah satu warkop di jalan lintas melawi

SINTANG | SenentangNews.com- Tim satgas covid-19 Kabupaten SIntang menggelar rajia ke sejumlah warung kopi yang ada di Jalan Lintas Melawi Sintang, Kamis (15/4/2021) malam. Rajia yang dipimpin Wakil Bupati, Sudiyanto bersama Kadis Kesehatan Provinsi Kalbar, Harsisson langsung melakukan swab antigen kepada pengunjung maupun penjaga Warkop.

Total ada 76 orang, terdiri dari 6 penjaga warkop dan 70 pengunjung. Dari hasil swab test antigen tersebut, di temukan satu pengujung dengan hasil positif, kemudian langsung di bawa petugas ke tempat karantina di Rusun RSUD Ade M. Djeon Sintang, selanjutnya diambil tindakan swab test PCR.

Wakil Bupati Sintang, Sudiyanto mengatakan dengan di temukannya 1 pengunjung warung kopi yang berdasarkan swab antigen posotif covid-19, pada tindakan razia penegakan Prokes, satgas covid-19 Kabupaten Sintang akan lebih memperketat atau secara intesif melakukan pemeriksaan test swab antigen kepada masyarakat.

"Saya kira akan memperketat dan mengintensifkan untuk pemeriksaan ke depannya"kata Sudiyanto pada sejumlah awak media.

Sementara untuk pemilik usaha kata Sudiyanto di beri peringatan dengan cara pendekatan persuasif karena pemkab sendiri ingin tempat usaha tetap berjalan sebagaimana mestinya, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang sudah di tentukan. Seperti jarak meja dan kursi di tentukan dan menyediakan tempat cuci tangan serta terkait jam operasionalnya.

“Melalui Razia yang kita gelar malam ini sebagai bentu pencegahan dini mapun langkah persuasive. Kita ingin usaha Warkop tetap jalan, tetapi tetap mematuhi protokol kesehatan terutama jam operasionalny,"ujar Sudinyanto.

Terkait sanksi berupa penutupan bagi tempat usaha yang di lakukan pada saat razia penegakan prokes iniSudiyanto menjelaskan sepanjang tempat usaha tersebut memenuhi atau mematuhi aturan sesuai surat edaran Bupati Sintang terkait jam operasional dan lainnya, maka tidak di lakukan tindakan pentutupan, kecuali kalau sudah melewati jam operasional.

"Sepanjang dia memenuhi aturan edaran bupati, operasionalnya jam 10 malam, kalau lewat dari jam tersebut baru kita lakukan tindakan. Sementara yang kita razia warkop malam ini karena di temukan satu pengunjung positif, maka tempat ini kita sterilisasi dulu"jelas Sudiyanto.

Sudiyanto menjelaskan, hasil dari razia penegakan prokes kamis malam ini akan jadi rujukan atau bahan rapat evaluasi untuk mengambil langkah kebijakan apa yang akan di lakukan.

"Hasil ini menjadi bahan refrensi kami untuk rapat bersama besok jumat, apa langkah selanjutkan yang akan kami lakukan. Masyarakat kita masih kurang taat terhadap prokes, kejujuran juga kurang, kalau demam, sakit atau apa kan harus memeriksa diri ke tempat pelayanan kesehatan. Jadi jujur itu hal yang sangat penting,"tambah Sudiyanto.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalbar, Harisson, mengatakan dirinya di tugaskan oleh Gubernur Kalbar selaku ketua Satgas Covid-19 provinsi untuk melihat atau meninjau langsung seperti apa penangan terhadap covid-19 di Kabupaten Sintang, terlebih kata dia, beberapa minggu terakhir ini kasus di Kabupaten Sintang cukup meningkat.

“Sementara kita kesini melihat dan menyarakan strategi apa yang harus di lakukan tim satgas covid-19 Pemkab Sintang,"ujar Harisson.

Penulis: Oktavianus Beny
error: Content is protected !!