Sekilas Info

Pansus LKPJ Bupati Pertanyakan Kejelasan CSR Perusahaan

Toni

SINTANG | SenentangNews.com- Panitia Khusus pembahasan Laporan Pertanggungjawaban (LKPJ) bupati Sintang tahun 2020 akan melakukan croscek ke beberapa perusahaan kelapa sawit terkait realisasi program Corporate Social Responsibility (CSR) yang selam ini yang merupakan kewajiban peruaahaan.

Ketua Pansus LKPJ Bupati Sintang tahun 2020 Toni mengatakan croscek terhadap beberapa perusahaan tersebut bukan untuk menghakimi atau sejenisnya, tapi untuk mengetahui realisasi kewajiban yang diamanatkan Undang-Undang untuk urusan perkebunan.

Toni menyebut kewajiban itu seperti pelaksanaan program kebun plasma yang diamanatkan dalam ketentuan perundang-undangan yakni minimal 20 persen untuk masyarakat sekitar kebun dari luas Hak Guna Usaha (HGU).

“Pansus nantinya akan melihat langsung program CSR baik yang sudah dilakukan maupun belum,”kata Toni, Selasa (20/4/2021) kemarin.

Croscek langsung ke beberapa perusahaan kata Toni untuk memastikan data yang tertera dalam LKPj benar-benar sesuai dengan fakta di lapangan. Sehingga pembangunan yang dilakukan bisa benar-benar dirasakan oleh masyarakat luas.

“Kita ke lokasi untuk melihat sejauh mana keberhasilan program dan kegiatan yang dilaksanakan Perusahaan terkait CSR ini. Ini juga untuk mengetahui apakah program tahun lalu benar-benar sesuai dengan kebutuhan masyarakat,” ujarnya.

Selain CSR, kata Politisi Golkar ini Pansus juga akan melihat kebijakan perusahaan menflow up TKD yang didalamnya pemerintahaan desa harus ada kepastian.

“Maka dari itu salah satu rekomendasi Pansus yakni adanya keberpihakan perusahaan kepada masyarakat sekitar, sebab perbub tahun 2015 sudah tertera namun action dilapangan belum ada sampai sekarang terutama masalah TKD,”tutup Toni.

Penulis: Oktavianus Beny