Sekilas Info

Insentif Nakes di Sintang Masih Berproses

Harysinto Linoh

SINTANG I SenentangNews.com- Dinas Kesehatan Kabupaten Sintang dalam waktu dekat akan membayar tunggakan insentif Tenaga Kesehatan (Nakes) tahun 2021.

Kepala Dinas Kesehatan Sintang Harisinto Linoh, yang dikonfirmasi mengakui nakes yang menangani pasien Covid-19 belum menerima insentif untuk Oktober hingga Desember 2020.

Sinto mengatakan salah satu kendala insentif tersebut belum dicarikan lantaran ada keterlambatan dari pemerintah pusat mengirimkan dananya.

"Insentif Nakes tahun 2020 bersumber dari APBN. Dari anggaran APBN yang sudah di transfer ke Kabupaten Sintang hanya cukup untuk membayar sampai bulan September sementara untuk November dan Desember dananya tidak cukup,"jelas Sinto, Rabu (14/4/2021).

Sementara untuk insentif tahun 2021 kata Sinto pihaknya baru mendapatkan informasi bahwa di bulan Maret insentifnya di tanggung APBD.

"Makanya masih belum terbayarkan mengingat kita masih melakukan refocusing APBD. Tetapi insentifnya pasti akan diterima meskipun terlambat,"beber Sinto.

Sinto berharap Nakes yang ada di Kabupaten Sintang tetap semangat menjalankan tupoksinya dalam melayani masyarakat sebagai garda terdepan dalam menanggulangi pandemi Covid-19 yang sampai hari ini belum berakhir.

"Harapan saya Nakes di Kabupaten Sintang tetap semangat. Sebab, beban mereka semakin berat diiringi dengan angka kasus terkonfirmasi Covid-19 terus bertambah. Tanpa nakes tentu kasus terkonfirmasi Covid-19 akan semakin bertambah,” pungkasnya.

Penulis: Oktavianus beny