Sekilas Info

Laksanakan Agenda Tetap Tahunan, CUKK Mutasi/Promosi 197 Aktivisnya

Saat pengambilan sumpah dan janji aktivis

SEKADAU | SenentangNews.com – Pelantikan dan Serah Terima Jabatan (Sertijab) Mutasi dan Promosi di Credit Union Keling Kumang (CUKK), sudah lama menjadi agenda tetap tahunan. Tahun-tahun sebelumnya kegiatan ini selalu dilaksanakan pada tanggal 1 Maret. Mutasi dan Promosi ini berdasarkan Surat Keputusan Chief Executive Officer (CEO) CUKK terhitung mulai tanggal. 5 April 2021.

Karena padatnya kegiatan di bulan Maret 2021 lalu, diantaranya adalah Rapat Anggota Tahunan (RAT) Tahun Buku 2020 dan kehadiran Menteri Koperasi dan UKM Teten Masaduki, untuk Pelantikan dan Sertijab di tahun 2021 ini dilaksanakan pada tanggal. 12 April 2021.

Menurut catatan, pada Mutasi/Promosi periode Maret 2019 ada sebanyak 300 orang, dan di tahun 2020 sebanyak 207 orang. Untuk periode tahun 2021 ini berjumlah 197 orang.

Penjelasan dari Ketua Dewan Pengurus CUKK Stefanus Masiun, untuk tahun-tahun berikutnya Rapat Anggota Tahunan (RAT) CUKK akan digelar pada bulan Maret. kemudian untuk Pelantikan dan Sertijab akan diselenggarakan pada setiap bulan April.

Menurut Masiun. ini adalah Mutasi/Promosi dan Sertijab pertama sejak ada perubahan struktur organisasi. Perubahan struktur ini, adalah asil rapat Organization Development (OD) Dewan Pengurus pada 29 Maret 2021. Dimana dalam keputusan rapat OD tersebut tidak ada lagi lembaga Keling Kumang Group (KKG). Yang ada sekarang adalah Gerakan Credit Union Keling Kumang (GCUKK).

“Lembaga KKG adalah kebutuhan masa lalu. Kondisi dan situasi terus berubah dengan cepat, dan CUKK harus mengikuti perubahan tersebut. Yang dibutuhkan sekarang adalah Gerakan CUKK. ,” terangnya sambil memperlihatkan skema dan diagram perubahan dimaksud. Perubahan ini untuk mengoptimalkan pergerakan roda organisasi dalam memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh anggota CUKK,” kata Masiun.

Masiun juga menjelaskan, bahwa dalam struktur GCUKK, CEO CUKK dibantu oleh dua orang pejabat Deputi. Yaitu Deputi Spin-Off Bidang Non Koperasi yang dijabat oleh Hilarius Gimawan dan Deputi Spin-Off Bidang Koperasi yang dijabat oleh Thomas Aquino.

Bidang Non Koperasi seperti Yayasan, Perseroan Terbatas (PT), Perseroan Komanditer (CV) termasuk Distributor Unilever. Kemudian untuk Bidang Koperasi, seperti Koperasi Jasa Ladja Tampun Juah, Koperasi konsumen dan koperasi produsen dalam Keling Kumang Union. Dalam GCUKK ini Dewan Pengurus dan Pengawas serta Pimpinannya adalah ex officio Dewan Pengurus dan Dewan Pengawas serta Pimpinan di CUKK.

Sementara menurut Head Human Resources Management (HRM) Kenedi Tian, yang dilantik dan diambil sumpahnya di aula kantor pusat CUKK di Tapang Sambas ini, adalah hanya para aktivis pemangku jabatan dari Branch Manager keatas. Termasuk para pemangku jabatan di head office (HO) termasuk para Kepala Unit, jumlahnya seluruhnya ada 56 orang.

“Untuk para pajabat yang tugasnya berada dalam lingkup branch office, telah melakukan serah terima langsung di BO masing-masing,” terang Kenedi.

Acara Pelantikan dan Sertijab ini cukup padat namun singkat. Setelah pembacaan Surat Keputusan CEO CUKK dilanjutkan dengan pelantikan. Sesi Sertijab setiap kelompok dimulai dari kelompok Akuntan, Branch Manager, Area Manager dan para Deputi. Sesi berikutnya adalah sambutan-sambutan dari CEO Valentinus dan Ketua Dewan Penguru Masiun. Untuk sesi penguatan sebagai penutup, dibawakan oleh Pastor Kristianto Anggah Kusuma dan Pendeta Ezra Ranti.

Penulis: Kris Lucas
Photographer: Kris Lucas