Sekilas Info

Songsong Pembangunan Kedepan, Warga Sepanjang Poros Utara Harus Siap

Anggota DPRD Sintang Dapil Binjai -KetungauJulian Sahri

SINTANG | SenentangNews.com – Menurut Anggota DPRD dari Derah Pemilihan Binjai Hulu-Ketungau Julian Sahri, pembangunan infrastruktur yang dibiayai oleh APBN dan APBD Provinsi khusus di kabupaten Sintang ini, sedikit banyak tetap ada porsi untuk jalur poros utara. khususnya pada jalur ruas Sintang - Senaning.

“Meskipun yang akan menikmatinya nanti adalah generasi berikutnya, sejak sekarang warga yang bermukim di sepanjang poros utara harus sudah siap dan mulai menyesuaikan diri. Misalnya, saat membangun rumah letaknya jangan terlalu dekat dengan jalan. Ingat aturan Garis Sempadan Bangunan,” tuturnya, Kamis (1/4/2021) PAGI DI Simtang.

Julian menambahkan, warga juga jangan terlalu terburu-buru menjual lahan miliknya. Banyak yang dapat dijadikan contoh, di tempat-tempat yang strategis dan tempat bertumbuhnya ekonomi justeru warga setempat tersingkir dan hanya menjadi penonton.

"Ada beberapa contoh di beberapa tempat yang memprihatinkan, tanah yang letaknya strategis tetapi dijual murah bahkan hanya ditukar dengan sepeda motor bekas." kata Julian.

Masih menurutnya, jika jalan utama atau jalan porosnya sudah baik, dengan sendirinya ruas-ruas yang menjadi sirip-sirip dari jalan utama tersebut pasti akan direncanakan untuk diperbaiki atau bahkan ditingkatkan.

Penulis: Kris Lucas
Photographer: Kris Lucas