Sekilas Info

Trend Ekonomi Digital Indonesia Terbesar di Asia Tenggara

Menkop dan UKM RI Teten Maasduki.

SEKADAU | SenentangNews.com - Menurut Menteri Koperasi dan UKM RI Teten Masduki, trend ekonomi digital ini menjadi sebuah keniscayaan. Di tahun 2025 nanti, ekonomi digital kita diprediksi akan terbesar di Asia Tenggara dengan nilai Rp. 1.800 triliun. Karena itu jangan sampai nanti ekonomi digital kita diambil orang luar.

Selama ini ada beberapa hambatan yang menjadi problem di dalam transformasi digital, yaitu literasi digital utamanya bagi yang mikro. Kemudian kapasitas dan kualitas produk kalau kita berbicara market digital.

“Digitalisasi bukan hanya sekedar market saja, tetapi juga bisnis proses. Penggunaan digital dalam pengelolaan manajemen usaha, kalau di koperasi termasuk pelayanan terhadap anggota dan digital payment. Kalau di CUKK ini sudah sukses mentransformasi.”

Hal tersebut dikatakan Teten Masduki pada wawancara singkat dengan awak media disela acara Rapat Anggota Tahunan (RAT) Ke 27 Credit Union Keling Kumang (CUKK), Sabtu (27/3/2021) sore di Tapang Sambas desa Tapang Semadak kabupaten Sekadau.

“Konsep Kemenkop UKM untuk mendorong terciptanya koperasi modern, dengan target sebanyak 500 koperasi modern, sebenarnya sudah ada dan salah satunya adalah CUKK. Untuk koperasi-koperasi kecil yang kurang efisien, sebaiknya melakukan merger saja dengan koperasi besar,” tutur teten Masduki.

Selain itu Teten Masduki juga mengharapkan munculnya koperasi-koperasi pangan yang kuat. Lahannya milik anggota, pengadaan benih dan pengelolaannya mendapat bantuan dan pendampingan dari koperasi besar seperti yang dilakukan oleh CUKK ini.

Penulis: Kris Lucas
Photographer: Kris Lucas