Sekilas Info

Jarot Pastikan Pembangunan Sirkuit di Sintang Dimulai Mei 2021

Bupati Sintang Jarot Winarni di damping Wakilnya Sudiyanto beserta Ketua KONI meninjau pembangunan sirkuit di komplek stadin baning

SINTANG I SenentangNews.com- keseriusan Bupati Sintang Jarot Winarno membangun sirkuit balap motor di Kabupaten Sintang sepertinya sudah tidak bisa ditawar. Setidaknya itu dibuktikan dengan peninjauan areal Sirkuit di komplek Stadion Baning Kota Sintang, Minggu (28/3/2021).

Saat melihat langsung keberadaan Sirkuit yang nantinya menjadi kebanggan orang Sintang, Jarot tampak semakin serius termasuk mendapatkan penjelasan dari ketua KONI Sintang M Chomain Wahab. Untuk di ketahui, bahwa peletakan batu pertama pembangunan sirkuit road race ini sudah di lakukan sejak sejak 15 September 2020 lalu.

Usai peninjauan, Jarot memastikan sirkuit balap motor di Komplek Stadion Baning Sintang ini akan di bangun pada pertengahan Mei 2021 mendatang.

“Pemkab Sintang sudah berkomitmen dengan KONI Sintang agar sirkuit ini kita akan bangun lepas lebaran nanti,"kataJarot.

Jarot mengatakan, tujuan pembangunan sirkuit balap motor ini, agar para anak-anak muda yang memang memiliki hobi di dunia olaraga road race bisa menyalurkan bakat atau hobinya untuk berlatih balap. Terlebih anak muda itu harus di dengar, di rangkul dan di beri ruang. Karena olahraga balap motor ini juga merupakan salah satu cabang olahraga khas anak muda.

“Anak muda itu be stalking be havior atau maunya itu coba-coba yang bahaya-bahaya atau menantang. Kemudian anak muda itu peer pressure atau tekanan dari teman-temanya itu kuat. mereka akhirnya ngebut di jalanan, tengah malam balapan di jalanan, nah itu yang kita tidak inginkan,"jelas Jarot.

untuk itulah, sambung Jarot, Pemkab Sintang dan KONI Sintang berkomitmen membangun sirkuit road race ini untuk wadah para anak mudah berlatih balap sehingga tidak lagi kebut-kebutan di jalanan lagi yang memang mengganggu aktivitas jalan raya dan juga sangat berbahaya.

“Mudah-mudahan nanti pada perubahan anggaran saya selaku bupati dan pak wakil bupati dan dewan semuanya komitmen untuk bisa kita tambahkan anggarannya untuk pembangunan sirkuit ini”ujar Jarot.

Nantinya, sirkuit balap tersebut lanjut Jarot, akan digunakan sebagai ajang kegiatan otomotif, baik lokal hingga provinsi, khusus roda dua.

"Kami masih menunggu desain sirkuit balap sesuai standar. Salah satu pertimbangan dibangunnya sirkuit balap itu karena kami melihat antusiasme dan potensi pebalap Sintang sangat besar sehingga perlu didukung dengan infrastruktur yang memadai," tutup Jarot.

Penulis: Oktavianus Beny