Sekilas Info

Unggul Dalam Pemilihan, Masiun Pimpin Pengurus CUKK Periode 2021-2023

Para Pengurus dan Pengawas CUKK seusai dilantik

SEKADAU | Senentang News.com – Pemilihan Ketua dan Pengawas di Credit Union Keling Kumang, Jumat (26/3/2021) sore, layaknya Pemilu Legislatif. Lebih-lebih bilik suara dan kotak suara dikegiatan tersebut menggunakan perlengkapan pinjaman dari Komisi Pemilihan Umum (KPU)..

Menrut Ketua Panitia Pemilihan Thomas Aquino, Komite Pemilihan telah terbentuk sejak 22 Februari 2020. Dilanjutlan dengan Rapat Kesepakatan Tahapan dan Jadwal Suksesi pada 29 Juli 2020. Kemudian ada Rapat Komite Tatib dan Persyaratan Calon pada 15 Agustus 2020. Sedangkan pengembalian berkas oleh pelamar diberi tenggang waktu selama 14 hari, dari 20 Agustus 2020 hingga 2 September 2020. Ada penambahan waktu bagi pelamar, yaitu dari 4 September 2020 hingga 11 September 2020.

Seleksi Administrasi dilaksanakan pada 12 September 2020, dilanjutkan wawancara pada 25-26 September 2020. Pengumuman kelulusan diterbitkan pada 28 September 2020. Bagi yang lulus harus mengikuti orientasi Credit Union Director’s Competency Course (CUDCC) selama empat hari, yaitu pada 4-7 November 2020.

Yang mendaftar untuk Pengurus dan Pengawas ada 25 orang. Semua calon Pengurus dan Pengawas harus dari kelompok anggota aktif yang melamar. Yang lolos seleksi administrasi hanya 17 orang. Kemudian yang lolos seleksi tertulis dan wawancara di kelompok Pengurus ada sembilan orang, dan untuk kelompok Pengawas ada empat orang.

“Dalam struktur Pengurus nantinya hanya tujuh orang, dan untuk struktur Pengawas nantinya hanya tiga orang. Sehingga akan ada tiga orang yang tereliminasi dalam pemilihan,” terang Thomas Aquino.

Ditambahkannya, bahwa yang berhak memilih adalah anggota perwakilan dari setiap branch office (BO) yang saat pemilihan menggunakan name-tag warna biru. Pencoblosan dilakukan secara Daring di tujuh titik, sesuai dengan jumlah area pelayanan CUKK). Dan disetiap titik ada dua orang Pengawas Pemilihan. Aturan dan tata tertib (Tatib) pemilihan ini ada lima item dengan 27 sub item.

“Area I digelar di Kantor Pusat CUKK di Tapang Sambas. Area II digelar di Kantor Sentral Baning. Area III digelar di Gedung Kateketik Sekadau. Area IV digelar di Wisma Emaus Nanga Pinoh. Area V digelar di Gedung Deosoli Putussibau. Area VI digelar di Hotel Meldi Sanggau. Dan Area VII digelar di Serantung Water Park,” kata Thomas Aquino.

Hasil penghitungan suara final dari lima area, dicatat mulai dari suara terbanyak. Kelompok Pengurus Stefanus Masiun 439 suara, Maselina Erni 359 suara, Mateus 268 suara, Yohanes Joni Simus 261 suara, Manggrisono 219 suara, Erpina 217 suara, Marjuntak 202 suara, Daniel 172 suara, dan Ependi 76 suara. Dengan hasil perolehan suara tersebut, maka Daniel dan Ependi telah tereliminasi.

Untuk kelompok Pengawas Lorensius 53 suara, Darius Sila 29 suara, Ngaba 18 suara, dan Vinsensius Sudirman 12 suara. Dikelompok ini Vinsensius Sudirman yang tereliminasi.

Hasil rapat Komite bersama para calon terpilih, telah diputuskan bersama susunan untuk Pengurus dan Pengawas CUKK Periode 2021-2023. Kelompok Pengurus Stevanus Masiun sebagai Ketua, Mateus sebagai Wakil Ketua, Yohanes Joni Simus sebagai Sekretaris, Manggrisono sebagai Bendahara, Marselina Erni sebagai Anggota, Erpina sebagai Anggota, dan Marjuntak sebagai Anggota.

Di kelompok Pengawas Lorensius sebagai Ketua, Darius Sila sebagai Sekretaris, dan Ngaba sebagai Anggota.

Acara pemilihan dipungkas dengan pembacaan Berita Acara serta pengambilan sumpah-janji dan pelantikan. Dilanjutkan dengan dilakukan serah-terima dari Pengurus dan Pengawas periode yang lalu kepada Pengurus dan Pengawas yang baru.

Penulis: Kris Lucas
Photographer: Kris Lucas