Sekilas Info

Rusun Polri di Sintang Diresmikan

Kapolda Kalbar Kalbar Irjen Pol R. Sigid Tri Hardjanto didamping Bupati Sintang Jarot Winarno meresmikan Rumah Susun (Rusun) Polda Kalbar wilayah Polres Sintang di Jalan Sintang-Pontianak Km 10, Desa Balai Agung, Kecamatan Sungai Tebelian, Minggu (21/3/2021).

SINTANG | Senentangnews.com– Kapolda Kalbar Irjen Pol R. Sigid Tri Hardjanto meresmikan Rumah Susun (Rusun) Polda Kalbar wilayah Polres Sintang di Jalan Sintang-Pontianak Km 10, Desa Balai Agung, Kecamatan Sungai Tebelian, Minggu (21/3/2021).

Peresmian rusun ini di awali dengan penanaman bibit pohon di halaman rusun dan pelepasan bibit ikan di kolam samping Rusun, kemudian di tandai penandatangan prasasti dan penekanan tombol sirine tirai rusun serta di lanjutkan dengan peninjauan pada bagian dalam rusun.

Sementara itu rusun Polda Kalbar ini dibangun dengan luas 2.060 meter persegi terdiri dari 3 lantai dengan 44 pintu hunian yang di lengkapi dengan sarana lainnya.

Kapolda dalam sambutannya berpesan kepada para penghuni Rusun agar dipelihara dengan baik, terlebih berdasarkan laporan dari Karolog Polda Kalbar bahwa para penghuni memasuki rusun ini tidak di pungut biaya apapun.

"Artinya nanti pada saat akhirnya yang bersangkutan harus pindah tugas ataupun harus meninggalkan rusun ini karena kedinasan, jangan juga memungut biaya kepada pengantinya, jangan nanti ada istilah uang kunci. Ini budaya atau tradisi yang harus kita hilangkan mulai dari sekarang,” pesan Kapolda.

Kapolda berharap dengan adanya rusun ini, jajaran anggota Polres Sintang bisa lebih dekat dengan masyarakat dan bisa lebih baik dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

"Bagaimanapun juga keberadaan Polri tanpa di dukung oleh masyarakat dan stakeholder yang lain tentu tidak akan bisa bekerja dengan baik,” ucap Kapolda.

Kapolres Sintang AKBP Ventie Bernard Musak menjelaskan bahwa pembangunan rusun ini merupakan program prioritas nasional dengan menggunakan anggaran Dipa APBN Polri bersumber dari dana bantuan Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional RI pada satker Rolog Polda Kalbar tahun anggaran 2020. Di samping itu juga ada dana hibah dari Pemda Sintang dan juga donatur lainnya.

"Adapun total pagu anggaran pembangunan sebesar Rp. 17. 299.486.000, dimana proses pembangunan berjalan lancar dan tepat waktu,"jelas Kapolres.

Terpisah Bupati Sintang Jarot Winarno menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten Sintang selalu siap mendukung kegiatan pembangunan yang di lakukan oleh jajaran Polda Kalbar dan Polres Sintang.

"Kami telah hibahkan tanah di areal ini seluas 5 hektar, sesuai dengan batas kewenangan kami. Selain 5 hektar yang kami hibahkan untuk Brimbob di jalan sintang-pinoh. Kemudian juga tanah Polres dan polsek juga akan kami hibahkan. Kita siap membantu," kata Jarot.

Jarot juga menjelaskan, kawasan rusun ini awalnya merupakan kawasan milik Pemda Sintang seluas 34 hektar. Kemudian di hibahkan, yang pertama kepada Polres Sintang 5 hektar, kantor BNN 10.000 meter persegi, rusun dan kantor wilayah Gereja Kemah Injil wilayah 1 Kalbar yang berada di depan rusun polda kalbar ini juga Pemda Hibahkan.

"Kami tinggal menunggu kepastian dari BNN apakah pasti di bangun tahun ini, kalau tidak maka akses jalan masuk segera akan kami lebarkan dan di buat sebaik-baiknya di aspal yang bagus sesuai arahan pak kapolda,”tutu Jarot.

Penulis: Pardi
error: Content is protected !!