Sekilas Info

Pelajar di Sintang Ikut Seleksi Paskibraka, Yustinus: Berharap Ada Perwakilan Sampai ke Tingkat Nasional

Bupati Sintang yang diwakili oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang Yustinus membuka seleksi Paskibraka tahun 2021

SINTANG I SenentangNews.com- Sebanyak 69 pelajar se Kabupaten Sintang dari berbagai Sekolah Menengah Atas SMA (sederajat) mengikuti seleksi Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) peringatan HUT RI tahun 2021.

Dari 69 pelajar terdiri dari 38 putra dan 31 putri yang nantinya akan diseleksi oleh panitia pelaksana yang dipusatkan di Indor Apang Semangai.

Kepala Bidang Pemuda Dispora Kabupaten Sintang Tasniah mengatakan tim seleksi Paskibraka Kabupaten Sintang meliputi Disporapar, Diknasbud, Dinas Kesehatan, RSUD AM Djoen, TNI, Polri, Universitas Kapuas, Guru SMA dan SMP serta Purna Paskibraka Kabupaten Sintang.

"Seleksi calon Paskibraka akan berlangsung sampai 18 Maret 2021. Sebanyak 69 pelajar SMA/SMK akan diperiksa soal kesehatan, parade, wawancara, kesenian, bahasa inggris, pengetahuan umum, psikotes dan peraturan baris berbaris, dan olahraga,"katanya.

Bupati Sintang yang diwakili oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang Yustinus mengatakan menjadi paskibra tidak hanya dituntut memiliki kesehatan jasmani. Tetapi, juga harus memiliki semangat nasionalisme, cinta dan bela tanah air yang tinggi.

“Siapapun yang terpilih dalam seleksi paskibra nantinya, harus bisa menjadi motivator sebagai kaum muda. Selain itu, dapat memberikan bukti diri dalam cinta kepada negara Republik Indonesia dengan menghargai Sang Saka Merah Putih,” kata Yustinus, Selasa (16/3/2021).

Yustinus berpesan kepada seluruh pelajar yang mengikuti seleksi, agar betul-betul mengikuti seleksi dengan disilpin dan benar, sehingga menjadi yang terbaik nantinya.

"Kepada pelatih dan tim seleksi untuk memilih para calon Paskibraka ini dengan sangat selektif, sehingga yang terpilih betul-betul pelajar yang berkualitas,"pesan Yustinus

Dengan demikian lanjut Yustinus ketika seleksi di tingkat provinsi Kalbar bahkan nasional, hasil seleksi asal Kabupaten Sintang dapat dipertanggungjawabkan dan ada perwakilan Kabupaten Sintang di tingkat Paskibraka Provinsi Kalimantan Barat dan tingkat nasional.

"Saya yakin dengan semangat yang dimiliki oleh seluruh peserta, akan ada kader Kabupaten Sintang yang berhasil lolos ke tingkat provinsi dan nasional,"harap Yustinus.

Penulis: Oktavianus Beny