Sekilas Info

Kuet Sung Usul Pembentukan UPTD Administrasi Kependudukan di Kecamatan

Kuet Sung

­SINTANG | SenentangNews.com- Kesulitan masyarakat yang jauh dari ibukota Kabupaten dalam mengurus administrasi kependudukan seperti membuat Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK) maupun akta kelahiran masih sering dirasakan masyarakat didaerah ini.

Masyarakat di Kecamatan Kayan Hilir Kabupaten Sintang misalnya dimana masyarakat sering mengeluhkan lambannya pengurusan administrasi kependudukan di Kabupaten yang membuat masyarakat harus menunggu dan memakan waktu yang cukup lama.

Kesulitan pembuatan administrasi Kependudukan itulah membuat anggota DPRD Sintang Kuet Sung berencana mengusulkan pembentukan unit pelaksana teknis dinas (UPTD) di Kecamatan.

Cidong begitu ia disapa mengatakan untuk mempermudah akses pelayanan administrasi kependudukan terutama kecamatan yang jauh, dirinya bersama pihak kecamatan Kayan Hilir akan mengusulkan UPTD di Kecamatan.

“Masyarakat yang jauh saat mengurus administrasi kependudukan tentu memakan waktu dan biaya. Untuk itulah saya bersama pihak Kecamatan Kayan Hilir dalam waktu dekat akan mengusulkan UPTD nya dengan harapan masyarakat Kayan Hulu, Serawai dan Ambalau tidak perlu jauh-jauh lagi harus ke ibukota Kabupaten,”kata Cidong, Selasa (9/3/2021).

Cidong berharap rencana pembentukan UPTD terhadap administrasi kependudukan bisa terealisasi dengan cepat karena merupakan kebutuhan mendesak bagi masyarakat yang jauh dari ibukota Kabupaten.

“Intinya kita harus berbuat dulu, Kita juga akan menyurati bupati. Sementara untuk penempatannya saya siapkan satu ruko di Nanga Mau sebelum ada kantor yang disediakan dari pemerintah,” jelas Politisi PDI Perjuangan ini.

Penulis: Oktavianus Beny