Sekilas Info

Truk Tangki Pengangkut BBM Solar Terbakar di Empaci

SINTANG | SenentangNews.com -Sebuah truk tangki bermuatan Solar terbakar di Jalan Sintang-Putusibau tepatnya di Dusun Lubuk Jaya Desa Empaci Kecamatan Dedai sekitar pukul 19.30 WIB, Senin (08/03/2021).

Terbakarnya sebuah truk tangki milik PT Energi Kapuas Jaya bernomor polisi KB 9627 AF tersebut diduga disebabkan oleh kebocoran tangki di bagian belakang.

Okta Firsada, sopir truk tangki tersebut sempat menyadari kebocoran karena sudah ada percikan api. Ia pun mencoba memadamkan api tersebut dengan air dengan meminjam ember dari rumah warga sekitar.

Namun upaya Okta dibantu beberapa warga sekitar tidak berhasil. Hingga ia memutuskan untuk memindahkan truk ke lokasi yang jauh dari pemukiman penduduk guna menghindar hal yang tidak di inginkan.

Usai memindahkan truk, Okta pun segera keluar dan menjauh. Tak berselang lama, api membesar dan terdengar ledakan dari mobil tersebut. Hingga terlihat api dan asap membumbung tinggi dan rona merah kekuningan memancar di sekitar kebakaran.

Saat di konfirmasi awak media, Kasubbag Humas Polres Sintang, Iptu Hariyanto membenarkan kejadian tersebut.

"Ketika kita mendapatkan informasi adanya truk tangki yang terbakar, anggota kita di Polsek Dedai langsung melakukan pengecekan ke TKP. Sekaligus membantu pengaturan arus, karena ada beberapa unit mobil pemadam kebakaran yang membantu memadamkan api,"kata Haryanto.

Hariyanto menilai, langkah yang diambil sopir truk tangki tersebut sudah tepat. "Saat kejadian serupa terjadi, kita memang harus meminggirkan kendaraan kita dan menjauhi rumah penduduk atau lokasi yang mudah terbakar," jelas Haryanto.

Agar kejadian serupa tak terulang lagi, Haryanto menghimbau pemilik mobil pengangkut penumpang maupun barang memiliki alat pemadam api ringan (APAR). Hal ini diperlukan untuk meminimalisir terjadinya kebakaran roda 4 sesuai dengan Peraturan Dirjen Perhubungan Darat tentang Fasilitas Tanggap Darurat Kendaraan Bermotor yang mulai diterapkan awal tahun ini.

"Kami berharap, masyarakat bisa melengkapi kendaraannya dengan APAR. Agar bisa menekan kejadian kebakaran pada kendaraan. Serta jangan panik dan tetap tenang jika terjadi hal serupa," pungkasnya.

Penulis: Pardi