Sekilas Info

Kesinambungan Kepemimpinan Lahirkan Kesinambungan Opini WTP Sembilan Kali

Apolonaris Biong

SINTANG | SenentangNews.com – Ada yang menarik dalam perbincangan dengan mantan ‘Bos’ Pengawas Apolonaris Biong, Rabu (23/2/2021). Bahwa berkat adanya kesinambungan pola kepemimpinan antara Bupati Sintang Periode 2010-2015 Milton Crosby dan Bupati Sintang Periode 2015-2020 Jarot Winarno, sehingga Kabupaten Sintang memperoleh opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pengawas Keuangan (BPK) RI selama sembilan tahun berturut-turut tanpa terputus.

“Yang dimaksudkan dengan kesinambungan disini, khususnya dalam hal lima komponen yang menjadi dasar penilaian pihak BPK. Rincian lima komponen tersebut, kesesuaian standar akuntansi, kecukupan pengungkapan, kepatuhan terhadap peraturan dan perundang-undangan tentang pengelolaan keuangan, dan terkait sistim pengendalian internal,” kata mantan Inspektur Kabupaten ini.

Biong menambahkan, Kabupaten Sintang telah mendapat Opini WTP dari BPK sembilan kali berturut-turut tanpa jeda. Yaitu dari tahun 2012 hingga tahun 2020. Dari sembilan kali WTP tersebut hanya sekali WTP dengan catatan, itu pun hanya karena terkait aset. Misalnya aset-aset berupa inventaris pejabat yang telah pensiun yang belum dikembalikan ke Pemerintah Daerah

Untuk diketahui, Apolonaris Biong menduduki jabatan Inspektur Kabupaten Sintang sejak tanggal. 1 September 2012 hingga tanggal. 31 Juli 2020. Dan dirinya memasuki masa pensiun terhitung tanggal. 5 Agustus 2020.

“Diakhir jabatan saya, masih sempat mendapat tugas tambahan mengawal pengelolaan dana penanganan Covid-19. Itu lah sebabnya setelah pensiun masih runtang-runtung ke Inspektorat karena semua dokumen yang bertanggal dibawah tanggal 31 Juli 2020 masih harus saya yang menandatangani,” pungkas Biong.

Penulis: Kris Lucas
Photographer: Kris Lucas