Sekilas Info

Pelantikan Bupati Sintang Tunggu SK Kemendagri

Jarot Winarno

SINTANG I SenentangNews.com- Pelantikan bupati dan wakil bupati Sintang hasil Pilkada serentak 9 Desember 2020 dipastikan diundur. Seharusnya pelantikan bupati dan wakil bupati Sintang akan dilaksanakan, Rabu (17/2/2021) besok.
Namun rencana tersebut harus ditunda mengingat Surat Keputusan (SK) dari Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) belum diterbitkan dikarenakan masih menunggu keserentakan.

Melalui akun Facebooknya Gubernur Kalbar Sutarmidji mengatakan bahwa pelantikan Bupati dan Wakil Bupati untuk lima kabupaten Sintang, Bengkayang, Melawi, Kapuas Hulu dan Ketapang akan dilakukan pada 25 Februari 2021. Hanya saja Sutarmidji belum menyebutkan proses pelantikan secara virtual atau berkumpul di Pontianak sebagai ibu kota provinsi Kalimantan Barat.

"Untuk teknisnya kita masih menunggu SK dari Kemendagri apakah dilakukan di Pontianak atau dilakukan secara virtual,"tulis Sutarmidji sepertu di lihat media ini.

Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Kabupaten Sintang Syarief Yasser Arafat membenarkan penundaan pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Sintang terpilih.

Menurut Yasser penundaan tersebut dikarenakan belum selesainya penyusunan surat keputusan pengangkatan Bupati dan Wakil Bupati terpilih serta surat keputusan pemberhentian Bupati dan Wakil Bupati periode 2016-2021.

"Sampai saat ini belum ada petunjuk teknis terhapap pelantikan. Sesuai arahan dari Gubernur Kalbar bahwa untuk mengisi kekosongan maka Sekda di tunjuk untuk menjadi Penjabat Harian (Ph) sampai bupati dan wakil bupati dilantik
Gubernur Kalbar,"kata Yasser.

Kasubbag Administrasi Pemerintahan Bagian Tata Pemerintahan Setda Sintang, Eman Kurniawan menjelaskan bahwa Pemerintah Kabupaten Sintang akan bergerak cepat menyikapi penundaan pelantikan tersebut.

“Dengan ditunjuknya Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang Dra. Yosepha Hasnah sebagai Pelaksana Harian Bupati Sintang, maka Pemkab Sintang akan melaksanakan acara penyerahan memori jabatan Bupati dan Wakil Bupati Sintang, Rabu 17 Februari 2021 pukul 10.00 WIB di Pendopo Bupati Sintang,"jelas Eman.

Terpisah bupati Sintang Jarot Winarno mengaku masih menunggu SK pelantikan dari Kemendagri.

"Masih menunggu. Saya juga pesimis bisa dilantik Rabu besok,"singkat Jarot.

Penulis: Oktavianus Beny