Sekilas Info

Masa Jabatan Berakhir, Askiman Titip Selesaikan Pemekaran Kecamatan Hingga Batas Wilayah

Askiman Saat Memberi Sambutan di Akhir Masa Jabatan sebagai Wakil Bupati SIntang

SINTANG | SenentangNews.com- Hari ini Masa Jabatan Wakil Bupati Sintang periode 2016-2021 Askiman berakhir. Prosesi pelepasan Askiman menjadi wakil bupati Sintang digelar pemerintah Kabupaten Sintang sekaligus serah terima pelaksanaan harian (PLH) kepada Sekda Sintang Yosepha Hasnah.

“Hari ini, jabatan saya sebagai Wakil Bupati Sintang berakhir. Saya berterima kasih dan bangga kepada pak Jarot yang selama ini boleh bekerjasama dengan baik dalam kurum lima tahun terakhir,”kata Askiman.

Askiman mengatakan banyak peristiwa dan persoalan yang dihadapi selama masa jabatan. Terjadi banyak diskusi tentang apa dan bagaimana dalam mengatasi persoalan dan mengambil suatu kebijakan. Namun hal tersebut tidak menghalangi niat baik dalam membangun Sintang yang lebih baik lagi.

“Pak Jarot merupakan motivator yang luar biasa. Beliau memiliki kemampuan untuk membimbing dan mengubah sikap saya,”beber Askiman.

Askiman mengakui segala sesuatu akan ada masannya begitu juga dengan kehidupan manusia . Apapun persoalan yang kita hadapi, baik yang sedih, bahagia, tantangan, semua akan berlalu.

“Pesan saya ketika menghadapi masalah semuanya akan berlalu. Ketika kita menjadi orang besar, tentunya kita harus berangkat dari yang kecil sehingga bisa menjadi orang yang rendah hati dalam menjalankan tugas dan tanggungjawab karena semuanya akan berakhir,”beber Askiman.

Dalam kesempatan tersebut Askiman juga mengharapkan supaya pekerjaan pembangunan di Kabupaten Sintang yang belum diselesaikan bisa dikerjakan dikepemimpinan bupati Sintang periode 2021-2026 yang baru.

“Saya menitipkan beberapa pekerjaan yang belum selesai agar bisa diselesaikan seperti pembangunan Christian Centre, rumah singgah Perdawika, Galeri Dekranasda di eks Puskesmas Sungai Durian, Kantor Camat Ketungau Hilir, Kantor Camat Kayan Hilir, dan Kantor Camat Kayan Hulu.

“Pemekaran kecamatan yang sudah disetujui oleh Kemendagri dan BNPP dan belum mendapatkan rekomendasi oleh Gubernur Kalimantan Barat agar dapat diselesaikan dengan baik dan bijak. Begitu juga sengketa batas wilayah antar kabupaten Sintang baik dengan Kapuas Hulu maupun dengan Sekadau agar bisa diselesaikan,”harap Askiman.

Terpisah Plh bupati Sintang Yosepha Hasnah mengucapkan terimakasih kepada wakil bupati SIntang Askiman yang telah memberikan pemikiran maupun sumbangsih terhadap pembangunan di Kabupaten Sintang ini.

Menurut Yosepha ada banyak prestasi yang dapat diraih oleh Kabupaten Sintang baik dalam bidang pembangunan, pemerintahan, maupun pelayanan publik. Oleh karena itu, penghargaan yang tinggi layaklah kiranya dipersembahkan kepada Jarot Winarno dan Askiman yang telah meletakan landasan yang kokoh bagi pelaksanaan tugas umum pemerintahan.

“Selama kepemimpinan beliau berdua, saya pribadi dan seluruh jajaran Pemkab Sintang merasa terkesan dengan beberapa kata bijak yang sering disampaikan untuk memotivasi pimpinan OPD dan seluruh staf maupun masyarakat Sintang,”tutup Yosepha.

Penulis: Oktavianus Beny