Sekilas Info

Hipotesis Rektor Unka, SDM Kalbar Akan Lebih Baik

Antonius

SINTANG | SenentangNews.com – Menurut Rektor Universitas Kapuas (Unka) Sintang Antonius, Rabu (17/2/2021) hingga tahun 2019 secara nasional masyarakat Indonesia baru sekitar 34,58 persen yang menempuh jenjang Perguruan Tinggi. Data tersebut menurutnya sebagaimana dikatakan Staf Khusus Wakil Presiden Bidang Reformasi Birokrasi dan Pendidikan, Mohamad Nasir pada Webinar beberapa waktu lalu.

Atas data tersebut Antonius berpendapat, bahwa itu adalah angka rata-rata di Indonesia. Jika dirincikan per provinsi khususnya untuk di luar Pulau Jawa, maka akan ada angka ketimpangan yang cukup lebar. Hal itu dikarenakan beberapa faktor, termasuk dari sisi historis dan geografis daerah masing-masing.

Antonius ber-hipotesis, bahwa di Kalimantan Barat (Kalbar) ada harapan baik. Belakangan ini selain keberadaan beberapa Perguruan Tinggi yang sudah mapan dan yang sudah lama ada, telah muncul beberapa Perguruan Tinggi yang didirikan baik oleh pengusaha maupun oleh Yayasan Pendidikan. Menurutnya, sebagai insan akademis Antonius sangat senang melihat kepedulian berbagai pihak, terutama pengusaha yang mau melibatkan diri dibidang pengembangan dunia pendidikan.

Lahirnya Universitas Oesman Sapta Odang (OSO) adalah bukti kepedulian pengusaha pada dunia pendidikan dan peningkatan SDM khususnya di Kalbar. Kemudian berdirinya Institut Teknologi Keling Kumang (ITKK) di Sekadau. Semua ini akan memberikan ruang baru bagi masyarakat untuk berkesempatan masuk Perguruan Tinggi dan memilih berbagai prodi yang sesuai dengan keinginan masyarakat. Kemudian ini juga akan mendorong Perguruan Tinggi lain untuk berkompetisi menuju yang terbaik. Karenanya SDM Kalbar kedepan harus lebih baik.

“Sementara itu, ada juga beberapa Perguruan Tinggi yang sudah mulai berproses merubah statusnya dari status semula untuk menjadi Universitas. Yang saat ini saya ketahui, seperti STKIP Bengkayang yang telah diambil alih oleh Keuskupan Pontianak, upayanya masih dalam proses. Kemudian STIKes Kapuas Raya Sintang dan STKIP Landak juga sedang berproses untuk menjadi Universitas,” papar Antonius.

Penulis: Kris Lucas
Photographer: Kris Lucas