Sekilas Info

Danrem 121/Abw Menjadi Orang Pertama Disuntik Vaksin Covid-19

Program vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Sintang dimulai. Bupati Sintang Jarot Winarno Menjadi Vaksinator dalam pencanangan Vaksinasi di Kabupaten Sintang

SINTANG | SenentangNews.com- Penyuntikan perdana Vaksin Sinovact covid-19 di Kabupaten Sintang secara simbolis dilakukan Selasa, (2/2/2021) kemarin. Orang pertama yang menerima suntikan vaksin adalah Danrem 121/ Abw Brigjen TNI Ronny.

Tak hanya Danrem 121/Abw, kegiatan pencanangan pelaksanaan vaksinasi covid-19 yang dibuka langsung oleh bupati Sintang Jarot Winarno juga di ikuti seluruh Forkopimda di lingkungan Pemkab Sintang.

Bupati Sintang Jarot Winarno mengatakan penyuntikan perdana vaksin covid-19 hari ini adalah pencanangan tahap pertama Vaksin Covid-19 di Kabupaten Sintang bersama Forkopimda di lingkungan Pemkab Sintang.

”Vaksinasi ini sangat penting dalam rangka meningkatkan kekebalan tubuh manusia (herd immunity),”kata Jarot.

Dikatakan Jarot untuk tahap pertama pencanangan vaksinasi di perioritaskan bagi tenaga kesehatan (Nakes) yang sangat rentan karena bersentuhan langsung dalam melayani masyarakat di bidang kesehatan.

“Target pertama vaksin ini untuk tenaga kesehatan kita, karena mereka bersentuhan langsung dengan banyak pasien,”Jelas Jarot.

Jarot berharap dukungan semua pihak di Kabupaten Sintang untuk mendukung pencanangan vaksinasi yang sudah menjadi prioritas pemerintah pusat.

“Saya berharap dukungan semua elemen masyarakat supaya pencanangan vasinasi di Sintang berjalan dengan lancar sehingga kedepan bangsa Indonesia bisa bebas dari Pandemi Covid-19,”harap Jarot.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sintang, Harysinto Linoh mengatakan Kabupaten Sintang mendapatkan alokasi vaksin sinovac sebanyak 4.760 vial dosis yang di peruntukan untuk 2.370 orang tenaga kesehatan

“Hari ini kita pencanagan di pendopo bupati, sekaligus juga di lakukan penyuntikan pertama terhadap 10 orang tenaga kesehatan dan 10 orang para pemuka di Kabupaten Sintang,”kata Sinto.

Selain di Pendopo Bupati Sintang, lanjut Sinto vaksinasi terhadap para tenaga kesehatan juga di lakukan hari ini di Puskesmas yang ada di Kecamatan Sintang seperti Tanjungpuri, Sungai Durian, Dara Djuanti, Rumkit Tingkat 4 dan di RSUD Ade M Djeon Sintang.

“Selanjutnya besok dan lusa vaksin akan di distribusikan puskesmas di kecamatan yang ada di kabupaten sintang,”ungkap Sinto.

Dalam kesempatan tersebut SInto mengiatkan bahwa upaya pemberian vaksin merupakan salah satu upaya dalam menekan penularan virus corona mengingat vasksin tahap pertama masih relative terbatas.

“Walaupun sudah diberikan vaksin masyarakat tetap mengedepankan protocol kesehatan sebab dengan adanya pemberian vaksin ini bukan berarti tidak bisa terjadi jika lalai mengedepankan protokol kesehatan,”jelas Sinto.

Penulis: Oktavianus Beny