Sekilas Info

Di Kabupaten Ini, Stok Blanko e-KTP Aman

Plt Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Sekadau, Suryadi

SEKADAU | SenentangNews.com- Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Sekadau menjamin persediaan blangko e-KTP di Kabupaten tersebut aman. Pasalnya, Stok blanko e-KTP masih ada 3.000-an keping.

“Untuk stok Blanko di Disdukcapil Sekadau masih aman untuk beberapa bulan kedepan . Jumlahnya sekitar 3.000 –an keping, jadi masyarakat yang belum melakukan perekaman segera datang kantor kita,”kata Plt Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Sekadau Suryadi, Selasa (2/2/2021) Kemarin.

Setiap kali mulai menipis, kata Suryadi pihaknya akan langsung melapor ke Kementerian Dalam Negeri. Sehingga pemerintah pusat mengirim lagi stok blangko KTP-el. Dia mengimbau bagi siapa saja yang belum melakukan perekaman, silakan datang ke Disdukcapil.

Suryadi menyebutkan, hingga kini jumlah warga yang belum melakukan perekaman KTP-el jumlah tidak banyak dan terhitung sangat kecil. “Mereka sebagian besar kategori anak yang baru menginjak usia 17 tahun dan belum sempat melakukan perekaman,”jelasnya.

Dikatakannya untuk pembuatan e-KTP tidak bisa langsung jadi sebab data yang bersangkutan akan diproses terlebi dahulu, setelah itu baru cetak. Lainya hal dengan akte kelahiran, proses pembuatannya bisa langsung jadi, karna untuk tanda tangan tidak perlu harus menunggu.

"Jadi dimanapun saya berada, tanda tangan saya sudah ada, sehinga akte bisa langsung jadi pada hari itu juga, kecuali kalau nunggu antri harus bersabar," jelasnya.

Untuk akte kelahiran kata dia lagi, jika ada warga yang mengurus akte, pihaknya akan minta email yang bersangkutan tujuanya supaya data yang bersangkutan bisa langsung di kirim ke email pribadi. Supaya kalau misalnya akte yang bersangkutan hilang atau rusak dia bisa cetak sendiri.

"Karena sudah ada di email pribadi, jadi semuanya kita permudah dengan mengunakan teknologi yang ada. Hanya, saja harus ada sinyal internet," kata Suryadi.

Ditanya dengan pergantian e KTP yang rusak maupun hilang, Suryadi menyarankan bagi masyarakat untuk datang langsung ke kantor sebab data yang bersangkutan sudah ada.

“Datng saja maka akan kita gantinti dengan yang baru. Prosesnya pun tidak lama kita layani satu hari langsung jadi,”ungkap Suryadi.

Demi meningkatkan pelayanan kepada masyarakat di Kabupaten Sekadau, pihaknya lanjut Suryadi terus melakukan pembenahan pelayanan di bidang adsministyrasi kependudukan salah satunya menempatkan para petugas perekaman dan petugas lainya untuk stanbay.

“Masyarakat juga kita minta bersabar sebab loket yang disediakan terkadang penuh jadi masyarakat harus antri. Kita juga sudah siapkan website silahkan kunjungi ww.sipak.sekadaukab.co.id. kita layani sesuai jam kerja,"pungkasnya.

Kontributor Daerah: Sutarjo
Editor: Oktavianus Beny
error: Content is protected !!