Sekilas Info

Pertama di Kalbar

RAT CUKK Dapat Dimonitor Di Kawasan Blank Spot

CEO CUKK Valentinus

SINTANG | SenentangNews.com – Dalam pelaksanaan Rapat Anggota Tahunan (RAT) Credit Union Keling Kumang (CUKK), setidaknya telah dijalankan dua aturan sekaligus. Yaitu melaksanakan amanat Undang-Undang RI No. 17 tahun 2012 tentang Koperasi, dan mematuhi Keputusan Menteri Kesehatan Nomor HK.01.07/MENKES/382/2020 tentang Protokol Kesehatan.

Acara RAT Sentral Tahun Buku 2020 tanggal 7 Maret 2021 mendatang, akan digelar di Kantor Pusat CUKK di Tapang Sambas, dan hanya dihadiri oleh beberapa orang anggota utusan dari 65 branch office (BO). Yang lain dari biasanya, kegiatan ini akan dimonitor oleh para anggota di 65 BO di enam kabupaten/kota. Nanti di BO masing-masing, para Manager BO akan mengundang secara terbatas beberapa orang anggota yang mewakili anggota lainnya.

Diinformasikan Chief Executive Officer (CEO) CUKK Valentinus, Kamis sore (28/1/2021), bahwa bedanya dengan acara-acara Webinar atau rapat-rapat virtual, kegiatan RAT ini dapat dimonitor oleh BO terpencil yang tidak terjangkau oleh sinyal operator seluler (blank spot).

“Ini mungkin yang pertama kali dilakukan di Kalimantan Barat, RAT secara virtual yang dapat dimonitor di kawasan-kawasan yang tidak terjangkau oleh sinyal operator selular. Sistim IT yang sudah terbangun sejak beberapa tahun di CUKK, sangat mendukung untuk dapat menyelenggarakan RAT Virtual yang dapat dimonitor oleh kawasan terpencil,” terang Valentinus.

Masih menurut Valentinus, kegiatan ini sudah diuji cobakan pada saat acara Pra RAT di tujuh Area selama tujuh hari, yaitu dari rentang tanggal. 11 Januari 2021 hingga 23 Januari 2021. Uji coba ini berjalan sukses. Untuk diketahui, tradisi di CUKK sebelum menggelar RAT Sentral akan didahului dengan acara Pra RAT. Dan RAT Sentral merupakan RAT Konsolidasi dari Pra RAT.

Di masa-masa sebelum hadirnya Pandemi Covid-19, RAT Sentral CUKK dihadiri oleh ratusan anggota. Sekitar 700 orang anggota utusan BO-BO selama dua hari berbaur di satu tempat dengan para manajemen, para pengurus dan pengawas serta para peninjau dan undangan.

Ditambahkan Valentinus, baiknya CUKK sudah jauh-jauh hari mempersiapkan diri dalam mengikuti kemajuan teknologi digital, diawali dengan pelayanan sistem on-line di 65 BO. Sehingga di saat tiba-tiba datang Pandemi Covid-19 dan ternyata berkepanjangan seperti ini, CUKK telah siap dan tinggal berinovasi saja.

“Kegiatan Pra RAT dan RAT Sentral di CUKK, mengkombinasikan During dan Luring terbatas dengan kontrol protokol kesehatan yang ketat. Kami tidak main-main dengan protokol kesehatan. Keselamatan anggota diatas aturan-aturan lainnya,” pungkas Valentinus.

Saat ditanya apakah pemberian penghargaan terhadap member of the year dan PK of the year masih dilakukan di acara tersebut. Menurut CEO CUKK ini, itu masih tetap dilakukan. Yang mendapat penghargaan tersebut, berada diantara para anggota yang termasuk diundang di kantor pusat.

“Meski nama-namanya masih dirahasiakan oleh panitia,” kata Valentinus.

Penulis: Kris Lucas