Sekilas Info

Ingatkan OPD Lakukan Efesiensi Anggran di Tengah Pandemi Covid-19

Bupati Sintang Jarot Winarno Memimpin Apel Bulanan. Jarot meinta OPD melakukan efesinsi anggaran di setiap OPD

SINTANG | SenentangNews.com- Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Sintang tahun 2021 mengalami penurunan yang cukup signifikan dikarenakan Pandemi COvid-19 yang masih terjadi sampai saat ini.

Adanya penurunan postur APBD tahun 2021, Bupati Sintang Jarot Winarno mengatakan dalam setiap pengadaan yang berkaitan dengan penganggaran anggran harus disesuaikan dengan skala prioritas.

“Postur APBD kita tahun 2021 kurang mengembirakan, karena akibat pandemik covid 19. Penerimaan daerah terganggu baik dari pajak daerah maupun retribusi daerah serta penurunan anggaran terutama dana transfer ke daerah dari pemerintah pusat, “kata Jarot saat memimpin pelaksanaan apel bulanan dan silaturahmi Natal 2020 untuk kalangan ASN, Senin (18/1/2021).

Dalam kondisi seperti ini, kata Jarot OPD harus selektif dan melakukan efisiensi anggaran yang ketat terhadap alokasi belanja daerah. Determinasi kegiatan pembangunan harus diperkuat.

“Anggaran di semua OPD harus cepat mengucur ke masyarakat untuk menggerakan perekonomian daerah kita. Kepada setiap OPD untuk bisa mulai melaksanakan lelang kegiatan yang berdampak langsung kepada masyarakat untuk menggerakan ekonomi masyarakat yang terpuruk akibat pandemic covid-19,”kata Jarot.

Oleh karenanya, Jarot meminta kepada pimpinan OPD seluruh staf untuk tetap optimis dalam bekerja. Jangan patah semangat, terus memanfaatkan peluang yang ada dan jangan kendor memberikan pelayanan publik yang terbaik.

“Terus berikan pelayanan yang baik terhadap masyarakat. Yakinlah kita bisa melewati semua ini meskipun APBD kita menurun,”harap Jarot.

Dalam kesempatan tersebut Jarot mengucapkan terimakasih kepada semua elemen masyarakat yang telah berpartisipasi dating ke TPS untuk menentukan pemimpin lima tahun kedepan.

“Tingkat kedewasaan politik masyarakat Sintang yang sudah sangat baik. Kita pun harus mengapresiasi kinerja KPUD, BAWASLU dan aparat keamaan yang telah bekerja sangat optimal mengawal pilkada serentak di Kabupaten Sintang,”tutup Jarot.

Penulis: Oktavianus Beny