Sekilas Info

Dihadiri Wakil Sembilan BO

Pra RAT CUKK Area VII Dipusatkan di Simpang Pinoh

Pengurus, Pengawas dan Manajemen CUKK foto bersama dengan para undangan usai acara pembukaan Pra RAT Area-VII

SINTANG | SenentangNews.com – Kegiatan Pra Rapat Anggota Tahunan (Pra-RAT) Credit Union Keling Kumang (CUKK) Area-VII, Jumat (22/1/2021), dipusatkan di branch office (BO) Simpang Pinoh. Kegiatan wajib yang digelar di Aula Kecamatan Sungai Tebelian ini, dihadiri oleh para anggota yang mewakili sembilan BO serta satu Kantor Kas Pangkal Baru.

Menurut Manager Area-VII Nikodimus, BO-BO yang berada dibawah Area VII antara lain BO Simpang Pinoh, BO Rumah Punyung Sungai Durian, BO Solam Raya, BO Nanga Tempunak, BO Singa Macan Sungai Kurak, BO Gurung Mali, BO Jelayan Kaki Kuta Selebak, BO Mengkurat Baru, BO Semuntai dan Kantor Kas Pangkal Baru. Kantor Kas Pangkal Baru ini menginduk ke BO Semuntai.

“Jumlah anggota di Area-VII seluruhnya ada 21.445 orang. Namun yang hadir dalam Pra RAT ini dibatasi, yang hadir hanya perwakilan BO-BO beberapa orang saja,” terang Nikodimus.

Kegiatan yang dibuka oleh Camat Sungai Tebelian Ramli Andoi ini, juga dihadiri oleh Iptu Sartono yang mewakili Kapolsek Sungai Tebelian, serta para undangan dari kelompok perbankan dan sejumlah rohaniawan.

Chief Executive Officer (CEO) CUKK Valentinus menginformasikan kepada semua anggota yang hadir, khususnya tentang segala kemajuan yang telah dicapai oleh CUKK pada Tahun Buku 2020. Meskipun ada beberapa yang tidak sesuai target 100 persen, namun pertumbuhannya cukup baik. Terutama target aset yang mencapai 100,23 persen. Aset CUKK saat ini sebesar Rp. 1.612.305.279.100,-

Sementara kepada media ini Valentinus menginformasikan, bahwa dengan deselenggarakannya Pra RAT di Area VII ini, maka dari tujuh Area hanya sisa satu Area yang belum menyelenggarakan Pra RAT, yaitu Area-I. Pra RAT di Area-I akan diselenggarakan pada hari Sabtu tanggal 23 Januari di kantor Pusat di Tapang Sambas.

“Semua kegiatan Pra RAT di tujuh tempat dihadiri terbatas. Untuk anggota yang tidak diundang di tempat kegiatan, mereka diundang untuk memonitor secara virtual di kantor BO masing-masing, itu pun jumlahnya dibatasi,” terang Valentinus.

Ditempat yang sama, Ketua Dewan Pengurus CUKK Mikael dalam sambutannya menekankan kepada para anggota untuk tetap bersatu dan saling percaya. CUKK pada Maret 2021 nanti genap berusia 28 tahun. Dan saat ini CUKK bekerja di tujuh kabupaten/kota, karena ada tambahan satu BO di Anjungan. Dengan begitu saat ini CUKK memiliki 66 BO, dengan jumlah anggota sebanyak 187.013 orang dilayani oleh 600 lebih aktivis.

Mikael juga melaporkan tentang berbagai inovasi yang telah dilakukan oleh CUKK, yang senantiasa mengikuti perkembangan jaman. Menurut Mikael, pelaksanaan program kerja di Tahun Buku 2020 akan dipertanggungjawabkan kepada anggota dalam rapat pleno. Disela sambutannya, Mikael sempat memanggil Ketua Dewan Pengawas, Lorensus, guna melaporkan kepada yang hadir hasil audit eksternal oleh Akuntan Publik. Dimana hasil audit tersebut mendapat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP)..

Dilaporkan juga bahwa untuk program kerja Tahun Buku 2021, ada beberapa hal penting yang telah dilakukan. Diantaranya, CUKK sudah menyusun Pola kebijakan Tahun Buku 2021; CUKK sudah menyusun rencana strategis (Renstra) lima tahun 2021-2025 dan CUKK sudah membuat pertanggungjawaban kepengurusan. Karena kepengurusan periode 2016-2020 sudah berakhir.

Pemilihan Pengurus dan Pengawas periode berikutnya, akan dilaksanakan bersamaan dengan Rapat Pleno di bulan Maret nanti. Karena menurut AD/ART kepengurusan dibatasi hanya boleh dua periode. Diantara Pengusur dan Pengawas ada yang masih bisa dipilih lagi karena baru satu periode, ada yang tidak dapat dipilih lagi karena sudah dua periode.

“Siapapun yang menjadi Pengurus dan Pengawas, gerbongnya tetap CUKK. masisinsnya boleh berganti, nakhodanya boleh berganti, tetapi lembaga ini tetap CUKK,” kata Mikael.

Camat Ramli Andoi dalam sambutannya mengapresiasi kegiatan ini, yang menurutnya RAT adalah amanah Undang-Undang yang harus dilaksanakan setidaknya sekali dalam setahun. Dirinya bersyukur, bahwa keberadaan CUKK telah mendekatkan akses permodalan bagi para anggotanya yang rata-rata adalah kaum petani. Ramli Andoi juga memaparkan tentang tiga pilar CU.

Semoga warga Sungai Tebelian dapat merasakan manfaat dari keberadaan lembaga penyedia modal dan tempat menabung ini. Pinjaman harus untuk keperluan produktif, jangan menjadi konsumtif. Jika masyarakat dapat bijak mengelola keuangan keluarga dan dalam berusaha, pada gilirannya nanti akan menjadi sejahtera.

“Jika warga sejahtera dan masyarakat meningkat ekonominya, maka angka kriminalitas akan menurun,” kata Camat Sungai Tebelian.

Usai acara pembukaan, acara Pra RAT Area VII ini dilanjutkan dengan acara inti. Yaitu sesi tanya jawab serta menampung usulan-usulan anggota khususnya yang terkait dengan Pola Kebijakan Tahun Buku 2021.

Penulis: Kris Lucas
Photographer: Kris Lucas