Sekilas Info

Tingkatkan Kapasitas OMS

USAID Madani Jajaki Kerjasama dengan Pemkab Sintang

USAID madani saat menggelar rapat koordinasi dengan Pemkab Sintang di Aula Bappeda Sintang

SINTANG I SenentangNews.com- United States Agency for International Development (USAID) Madani menggelar rapat koordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Sintang untuk mensukseskan program pembangunan Sintang yang berkelanjutan.

Kegiatan yang digelar di Aula Bappeda Sintang, Selasa (17/1/2021) tersebut di pimpin langsung Kepada Bappeda Sintang, Kartiyus. Hadir juga Rektor Unka Sintang Antonius, CEO Keling Kumang, Valentinus, Pemerhati Lingkungan Rendra, serta Perwakilan beberapa OPD. Hadir juga Field Coordinator USAID Madani Kabupaten Sintang, Tito Indrawan.

Field Coordinator USAID Madani Kabupaten Sintang, Tito Indrawan mengatakan program USAID Madani bertujuan untuk meningkatkan kapasitas Organisasi Masyarakat Sipil (OMS) lokal dalam rangka penguatan akuntabilitas pemerintah dan keberagaman sosial.

"Nantinya OMS akan mendapatkan bimbingan teknis untuk mengembangkan kapasitasnya dalam meningkatkan efisiensi dan efektivitas dalam membangun hubungan yang relevansi dan strategis,"kata Tito.

Selain itu kata Tito USAID Madani juga akan mendorong penguatan kemitraan dan kerjasama antara pemerintah dan OMS lokal dalam rangka collaborative governance untuk menjawab tantangan daerah kedepannya.

"kita fokus pada penguatan kelembagaan OMS yang akan menjadi mitra pemerintah kedepannya,"jelas Tito.

Sementara itu Kepala Bappeda Sintang Kartiyus menyampaikan Pemda Sintang siap bekerjasama dengan USAID Madani terutama dalam menyediakan data yang dibutuhkan selama keberlangsungan program.

"Kami sangat mendukung masuknya USAID Madani di Kabupaten Sintang. Kami berharap kerja sama ini mampu memajukan Kabupaten Sintang dengan mengutamakan pengembangan potensi lokal masyarakat, agar proses pembangunan lebih cepat dilakukan,"kata Kartiyus.

Kabupaten Sintang kata Kartiyus merupakan salah satu Kabupaten Lestari yang telah ditetapkan Pemerintah Pusat. Kabupaten Sintang merupakan kabupaten satu-satunya di Indonesia yang memiliki hutan alami di tengah kota.

"Untuk kolaborasi tata kelola pemerintahan memang sangat diperlukan kedepannya agar pemerintahan yang dilaksanakan lebih inovatif, akuntabel dan transparan dalam mewujudkan Sintang yang berkelanjutan,"pungkasnya.

Penulis: Oktavianus Beny