Sekilas Info

Dua Anggota Aktif CUKK Ungkap Pengalaman Selama Jadi Anggota

Nekodemus dan Welbertus saat bersama CEO CUKK, Valentinus

SINTANG | SenentangNews.com – “Selama menjadi kontraktor sejak tahun 2000 an, saya sudah menjadi anggota aktif di Credit Union Keling Kumang (CUKK).” Begitu dikatakan Nekodemus (47) saat dirinya dipergoki media ini, Selasa (12/1/2021) di kantor sentral CUKK Jalan YC. Oevang Oeray Sintang.

Anggota DPRD Sintang dari Partai Hanura ini menambahkan, bahwa dirinya sudah menjadi anggota aktif sejak jumlah kantor cabang CUKK belum sebanyak seperti sekarang ini. Penyempurnaan demi penyempurnaan pola kebijakan dari tahun ke tahun pun terus diikutinya.

Gerakan CU pada prinsipnya dari anggota dan untuk anggota. Karena CU adalah kumpulan orang-orang bukan kumpulan uang. Untuk mengukur keberhasilan sebuah CU, menurut Nekodemus, cukup melihat sejauh mana para anggotanya semakin bijak dalam mengelola keuangan keluarga.. Disamping itu, lembaganya juga harus semakin mapan.

“Selama hampir 20 tahun menjadi pelaksana fisik proyek pemerintah maupun proyek swasta, saya selalu memanfaatkan fasilitas produk pinjaman modal kerja dari CUKK. Selama belasan tahun, baru sekali memanfaatkan kredit di lembaga lain non CU,” ungkap pria asal kecamatan Sepauk ini.

Hal senada juga diungkapkan oleh Welbertus (44). Menurutnya, dirinya juga sudah lama menjadi anggota aktif di salah satu branch office (BO) CUKK. Bagi pria yang juga anggota DPRD Sintang ini, CUKK adalah CU yang selalu berupaya meningkatkan pelayanan kepada anggota dengan selalu mengikuti perkembangan teknologi. Ini dibuktikan di 65 BO sudah bisa melayani secara on-line serta adanya pelayanan mobile dan ATM tanpa kartu.

“Saya bersama rekan sejawat saya Nekodemus, turut hadir dalam acara Pra Rapat Tahunan Anggota CUKK Area-II pada 11 Januari baru-baru ini. Banyak informasi baru yang kami peroleh, khususnya tentang berbagai perkembangan lembaga dan upaya peningkatan pelayanan,” kata Welbertus.

Penulis: Kris Lucas