Sekilas Info

Setahun Pandemi Aset CUKK Naik Melebihi Target

Kadisperindagkop dan UKM Sudirman saat di acara Pra RAT CUKK

SINTANG | SenentangNews.com - Banyak hal menarik terungkap dalam acara Pra Rapat Anggota Tahunan (Pra RAT) Credit Union Keling Kumang (CUKK) khusus Area II, hari Senin (11/12/2021. Meski Pandemi Covid-19 terus berkepanjangan, pada Tahun Buku 2020 CUKK sanggup membukukan kenaikan aset 100,34 persen dari yang ditargetkan. Dari target sebesar Rp. 1.608,540 miliar, realisasinya mencapai Rp. 1.612,305 miliar.

Hal menarik lainnya, yang menurut Chief Executive Officer CUKK Valentinus cukup membanggakan, adalah penambahan jumlah anggota. Di sepanjang tahun buku 2020 ada penambahan anggota sebanyak tujuh ribu orang lebih. Terhitung bulan Desember 2020 lalu, jumlah anggota CUKK sudah mencapai 187.013 orang

“Penambahan jumlah anggota ini cukup signifikan. Meski hanya tercapai 91,51 persen dari yang ditargetkan, itu sudah menandakan CUKK semakin dipercaya oleh masyarakat,” kata Valentinus.

Valentinus memaparkan, ini untuk pertama kalinya Pra RAT dilaksanakan secara Daring. Area-II ini membawahi 10 branch office (BO), kehadiran setiap BO hanya diwakili oleh 3-4 orang anggota. Selebihnya memonitor di BO nya masing-masing secara terbatas. Bahkan sambutan Penasihat CUKK Munaldus pun disampaikan melalui rekaman vidio dan slide. Sesuai dengan tema Pra RAT: Menghadapi Revolusi Industri 4.0 Ditengah Pandemi.

“Di masa pandemi ini tentu banyak kendala, namun banyak juga yang sudah dilakukan. Misalnya, rapat-rapat dan evaluasi sudah dilakukan secara Daring. Kemudian dalam menghadapi Revolusi Industri 4.0, CUKK terus menerus dilakukan peningkatan Sumber Daya Manusia, peningkatan IT, pelayanan ATM tanpa kartu, dan pelayanan mobile,” kata Valentinus.

Peserta Pra RAT dari 10 BO dalam lingkup Area-II bersama para undangan.

Ditambahkannya, pelaksanaan kegiatan ini tidak seperti di tahun yang sudah-sudah. Pada Pra RAT Tahun Buku 2019 yang lalu, 65 BO melaksanakan Pra RAT di 23 tempat. Di setiap tempat pelaksanaan bergabung sebanyak tiga hingga lima BO. Pesertanya di setiap tempat sekitar 200-300 an anggota. Namun untuk Pra RAT kali ini, seluruhnya hanya dilakukan di tujuh tempat saja, yaitu sesuai dengan jumlah area pelayanan. CUKK memiliki tujuh Area pelayanan yang masing-masing dipimpin oleh Area Manager.

“Di Area II ini ada 10 buah BO, yaitu BO Kantor Sentral, BO Kelam, BO Nanga Mau, BO Mentunai, BO Tebidah, BO Binjai, BO Kedembak Air Tabun, BO Merakai, BO Pintas Keladan dan BO Senaning,” terang Valentinus.

Ketua Dewan Pengurus Mikael dalam sambutannya melaporkan, dampak pandemi ini dirasakan oleh semua lembaga yang melayani keuangan, baik swasta maupun BUMN. Mikael yang juga Ketua Pengurus Puskopdit Khatulistiwa yang beranggotakan tujuh CU Primer, mengetahui persis beratnya kendala di masa pandemi ini.

Mikael juga melaporkan, bahwa dalam menghadapi Tahun Buku 2021 CUKK sudah melaksanakan lokakarya, penyusunan Rencana Kerja dan Anggaran 2021. Program Kerja 2021 akan disahkan saat RAT Konsolidasi pada bulan Maret 2021 nanti. Kemudian telah menyusun rencana strategis untuk lima tahun kedepan sebagai landasan. Selain itu dilaporkan juga bahwa di tahun 2021 ini, akan ada suksesi Pengurus dan Pengawas.

Sementara, Ketua Pengawas Lorensius, sempat melaporkan tentang kegiatan supervisi dan pengawasan serta audit eksternal oleh Akuntan Publik yang dilakukan. “Syukurlah, hasil audit eksternal selama lima hari, CUKK memperoleh opini Wajar Tanpa Pengecualian,” ucap Lorensius.

Kegiatan yang dilaksanakan di kantor sentral CUKK Jalan YC. Oevang Oeray ini, dihadiri oleh Dewan Pengurus dan Pengawas, Manager Area-II, para Manager BO, Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan dan UKM Kabupaten Sintang Sudirman, para mitra dan para undangan dari kelompok perbankan. Usai acara pembukaan, kegiatan dilanjutkan dengan kegiatan inti dan sesi tanya-jawab hingga pukul. 14.00 WIB.

Penulis: Kris Lucas
error: Content is protected !!