Sekilas Info

Kajati Kalbar Disambut Hangat Forkopimda Sintang

Kajati Kalbar Melakukan Kunjungan Kerja ke Siintang. dalam kunjugan perdana tersebut Kajati juga melakukan peresmian Mushola Al Hidayah Milik kejaksaan Sintang

SINTANG I SenentangNews.com- Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Kalimantan Barat, Masyudhi, melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke Kabupaten Sintang, Selasa (12/1/2021).

Kunker Kajati didampingi istri Ny Masyudhi tersebut didampingi sejumlah Pejabat Kajati Kalimantan Barat diterima Kajari Sintang Imran. Hadir juga bupati Kabupaten Sintang Jarot Winarno, Sekretaris Daerah Kabupaten Melawi, Paulus, Dandim 1205 Sintang Letkol Inf Eko Bintara Saktiawan, Wakapolres Sintang Kompol Albert Manurung, Kepala Dinas Kesehatan Sintang, Harysinto serta undangan lainnya.

Kedatangan orang nomor satu di korps Adhyaksa tersebut selain melakukan silahturahmi bersama forkopimda dilingkungan Pemerintaha Kabupaten Sintang, juga meresmikan mushola Al Hidayah yang menjadi gagasan Kajari Sintang Imran.

Kajari Sintang Imran dalam sambutan singkatnya mengucapkan terimakasih atas kedatngan Kajati Kalimantan Barat di Kabupaten Sintang. Menurut Imran Kejari Sintang terus berkomitmen mewujudkan pelayanan hukum yang prima kepada masyarakat.

“Ini dibuktikan dengan raihan Wilayah Bebas Korupsi (WBK) yang di berikan Kemenpan RB beberapa waktu lalu. Tentu penghargaan ini terus kami pertahankan dalam mewujudkan pelaynan yang prima kepada masyarakat,”jelas Imran.

Dikatakan Imran bahwa khusus wilayah Kejaksaan Sintang merupakan satu-satunya satuan kerja (Satker) pelayanan di lingkungan Kejaksaan Agung RI yang mendapatkan apresiasi dan penghargaan sebagai zona integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) 2020.

“Sudah kami tanamkan sejak beberapa waktu lalu dengan menyusun dan membentuk tim zona integritas dan tim kerja. Kemudian membentuk tim agen perubahan,” kata Imran.

Dikatakannya, penganugerahan ini hanya sebatas simbolis. Tetapi harapannya bisa dilaksanakan secara nyata bahwa Kejari Sintang benar-benar sudah bebas dari wilayah korupsi. “Karena itu ditekankan kepada masyarakat tidak mencoba mempengaruhi jajaran Kejaksaan dalam pengurusan perkara,” tegasnya.

Bupati Sintang Jarot Winarno menyambut baik atas raihan predikat Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB). Menurut Jarot kedepan dengan raihan tersebut pelayanan semakin maksimal.

“Semoga WBK yang diberikan akan membuat penyemangat dalam menjalankan tugas yang diberikan pimpinan,”beber Jarot.

“Kondisi Kabupaten Sintang serta sinergisitas yang selama ini telah terbangun dengan baik bersama jajaran Kajari Sintang dan seluruh Forkopimda. Khususnya dalam pelaksanaan pembangunan. Kami menyampaikan selamat datang dan terima kasih kepada Kajati Kalbar yang telah berkunjung ke Kabupaten Sintang,” ungkapnya.

Seketaris Daerah (Sekda ) Kabupaten Melawi, Paulus mengatakan diusia Kabupaten Melawi yang sudah menginjak 17 Tahun semenjak memekarkan diri dari Kabupaten Sintang, Kabupaten melawi belum memiliki Kantor Kejaksaan yang hingga kini masih bergabung dengan Kabupaten Sintang.

“Tentunya dengan luas wilayah yang cukup luas kami memiliki kerinduan Kejaksaan ada di Kabupaten Melawi,”kata Paulus.

Tahun 2021, lanjut Paulus Kabupaten Melawi telah menghibahkan tahan seluas 10 Hektar untuk pembangunan kantor Kejaksaan. Dengan jumlah luas wilayah yang cukup luas, hingg kini Kabupaten Melawi belum memiliki kantor Kejaksaan. “Harapan kami kedepan Kantor Kejaksaan ada di Melawi,”kata Paulus.

Sementara itu Kejati Kalimantan Barat, Masyudhi dalam sambutannya mengatakan, kunjungan kerjanya ke bumi Senentang merupakan kunjungan kerja perdananya semenjak bertugas di Kalbar sekaligus melakukan silahturahmi.

“Kunjungan ini, pertama saya silaturahmi dengan pegawai Kejaksaan di Kejari Sintang, yang kedua karena saya orang baru, jadi momen ini juga sekaligus silaturahmi dengan Forkopimda Sintang,” Jelasnya.

Lebih lanjut Kajati juga mengimbau kepada Kejaksaan Negeri Sintang agar terus semangat dalam mengentaskan perkara seperti Tindak Pidana Khusus (Pidsus) dan tindak Pidana Umum (Pidum).

“Tentunya dalam penanganan perkara kalo tunggakan cepat segera selesaikan jika ada perkara Pidum yang berada di Kejari Sintang ini segera limpahkan kepengadilan dan teruslah memberikan dukungan terhadap penanganan tindak pidana korupsi dan teruntuk kasus pidum mari mempercepat perkara,” tegasnya.

Peresmian Mushola Al Hidayah

Selain melakukan Kunjungan Kerja, Kejati Kalimantan Barat Masyudhi juga meresmikan Mushola Al Hidayah milik kejaksaan Sintang. Peresmian mushola tersebut ditandai dengan pengguntingan pita oleh Kejati Kalbar didampingi Istri.

Dalam kesempatan tersebut Kejati Kaimantan Barat berpesan supaya mushola yang dibangun dapat dimakmur oleh pegawai Kejaksaan Sintang. Tidak hanya menjalankan ibadah salat lima waktu secara berjwmaah, akan tetapi juga dijadikan tempat pembinaan umat melalui berbagai kegiatan dan menjadi tali silahturahmi satu dengan yang lainnya.

“Sehingga, tidak hanya menjadi sarana menjalankan ibadah kepada Allah SWT, namun juga membangun hubungan silaturahmi sesama umat. Selesai membangun Mushola bukan berarti selesai tugas kita, namun kita harus bersama-sama memakmurkan Mushola ini,” ungkapnya.

Keberadaan Mushola yang telah dibangun, lanjut Kajati Kalbar bisa dimanfaatkan sebagai pembentukan spritual dan silahturahmi atau kegiatan lain yang mendapatkan ridho dari Allah.

“Saya berharap Mushola ini bisa membentuk keperibadian yang baik antara umat maupun kepada sang pencipta,”harapnya.

Tak hanya itu Kajati Kalbar juga mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah bersama-sama membantu pembangunan Mushola Al Hidayah sehingga peresmian hari ini bisa dilaksanakan hari ini.

“Tentunya kami banyak mengucapkan terimakasih kepada semua pihak atas dukungannya sehingga Mushola ini bisa berdiri dengan kokoh,”tukasnya.

Penulis: Oktavianus Beny