Sekilas Info

Transportasi Jalan Padak-Simpang Ilong Macet, Ini Saran Dewan

Kondisi Jalan Padak menuju Simpang Ilong di Kecamatan Belitang Kabupaten Sekadau

SEKADAU | SenentangNews.com- Ketua Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sekadau, Yodi Setiawan menyarankan agar Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sekadau mengambil langkah solutif untuk memperlancar mobilisasi orang, barang dan jasa menuju Kecamatan Belitang Hulu.

Yodi mengatakan, saat ini akses menuju Belitang Hulu terganggu akibat pembangunan peninggian jalan untuk penanggulangan banjir sepanjang 550 meter yang berada di Padak-Kumpang Ilong.

Hingga saat ini, tambah Yodi, kondisi di proyek tersebut membuat badan jalan tergenang air.

"Itu karena air hujan terjebak di badan jalan karena sudah di barau kiri kanan. Sehingga air tidak bisa keluar," kata Yodi, Selasa (12/1/2021)

Politisi muda ini berpendapat, agar pihak kontraktor mengambil langkah cepat dengan cara menjebol dulu barau di sebelah kanan atau kiri,agar air yang tergenang di tengah jalan bisa keluar. Setelah itu pengerjaan pakai jalur. Artinya, jalan di bagi dua, agar transportasi tidak terganggu.

"Kita sarankan kontraktor menjebol salah satu sisi barau. Tidak perlu besar, cukup satu atau dua meter. Supaya air tidak tergenang di badan jalan," saranya.

Yodi menyayangkan terhambatnya arus lalu lintas menuju Belitang Hulu, membuat perputaran ekonomi di kawasan tersebut ikut terganggu.

"Macetnya transportasi berdampak pada naiknya harga kebutuhan pokok disana. Karena itu saya minta agar BPBD bisa mengambil langkah cepat demi kebaikan bersama," ingatnya.

Kontributor Daerah: Sutarjo