Sekilas Info

Pengguna KKM Meningkat 500 Orang Per Bulan

Budi, pengguna KKM dari Desa Sungai Lawak, Kecamatan Nanga Taman, Kabupaten Sekadau

SINTANG | SenentangNews.com - Pengguna Keling Kumang Mobile (KKM) terus mengalami peningkatan. Dalam dua bulan belakangan ini, rata-rata meningkat sekitar 500 pengguna per bulan. Peningkatan pengguna ini, menurut Kepala Departemen Informasi Teknologi CUKK Vinsensius Rekat, diyakini karena berbagai fitur layanan yang tersedia dalam aplikasi KKM. Fitur-fitur yang menjawab kebutuhan anggota. Hingga akhir bulan November 2020 lalu, terdata ada 5.400 orang pengguna.

Melalui aplikasi KKM ini, anggota dapat melakukan berbagai transaksi keuangan dan pembayaran tagihan. Dan ternyata penggunanya bukan hanya anggota di dalam kota saja. Contohnya, di branch office (BO) Sungai Lawak Kecamatan Nanga Taman. Di BO Nanga Mau Kecamatan Kayan Hilir. Di BO Lengekenat Kecamatan Sepauk, dan dari BO-BO lainnya termasuk di sepanjang jalan Kayu lapis.

Pada Oktober 2020 lalu, Departemen IT CUKK baru saja melakukan pengembangan pada beberapa sub menu. Diantaranya penambahan top up voucher games online. Penambahan menu pembelian paket game online ini, dilakukan karena banyaknya permintaan para komunitas pencinta game online.

“Top up voucher, telah turut memperbanyak fitur yang ada, seperti top up dana, top up shopee dan top up Linkaja. Semua penambahan fitur pada sub menu ini dilakukan guna memudahkan para pengguna KKM dalam melakukan berbagai transaksi keuangan. Tentu saja semua ini sesuai dengan kebutuhan dan permintaan anggota,” terang Vinsensius, Rabu (2/12/2020) siang di Sintang.

Lediana, salah satu pengguna KKM CU KK dari BO Nanga Mau

Untuk mendapatkan penambahan sub menu ini, pengguna KKM dapat melakukan update aplikasi KKM dengan cara mengunjungi play store pada smartphone masing-masing. Kemudian cari aplikasi Keling Kumang Mobile. Lalu klik pada keterangan update pada aplikasi. Dengan demikian aplikasi Keling Kumang dengan sendirinya terupdate ke versi terbaru yakni versi 3.2.0.

“Setelah dilakukan Update, pengguna cukup memasukkan password sesuai dengan password pengguna pada versi sebelumnya. Untuk menjaga keamanan dalam bertransaksi, pengguna dianjurkan melakukan pergantian password secara berkala,” kata Vinsensius.

Sedangkan bagi anggota yang belum mengaktifkan Keling Kumang Mobile, silahkan mengantifkan Keling Kumang Mobile nya di kantor CU Keling Kumang terdekat. Ada banyak keunggulan yang dapat dinikmati oleh pengguna. Mulai dari cek saldo simpanan, cek saldo pinjaman, transfer ke semua kantor cabang CUKK, transfer ke semua bank di Indonesia, pembelian taket data, pulsa, pembayaran tagihan indihome, listrik, PDAM, BPJS dan sebagainya.

Melalui satu aplikasi KKM, anggota dapat melakukan berbagai transaksi keuangan di smartphone. Dan yang tidak kalah menarik, KKM dapat melalukan penarikan uang tunai melalui mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) di semua BO CUKK yang telah dipasang mesin ATM. Seperti di BO Kantor Sentral, BO Nanga Mau, BO Putussibua, BO Ruamh Punyung Sungai Durian, BO Simpang Pinoh, BO Batu Buil, BO Rumah Sepan Nanga Pinoh, BO Kantor Pusat Tapang Sambas, BO Simpang Empat Kayu Lapis, BO Sekadau Bersatu, BO Nanga Mahap, BO Sanggau, BO Siantan, dan BO MT Haryono Pontianak.

“Aplikasi KKM dilengkapi juga dengan fitur rekening Virtual Account (VA). Rekening VA ini memudahkan anggota untuk melakukan penyetoran tunai melalui semua rekening bank di Indonesia ke rekenig Simpar anggota di CUKK,” kata Vimsensius.

Penulis: Kris Lucas