Sekilas Info

Pandemi Covid-19 Berkepanjangan, Ini Jadwal Pra RAT CUKK Tahun Buku 2020

Valentinus dan Mikael

SINTANG | SenentangNews.com – Di masa usia Credit Union Keling Kumang (CUKK) masih belasan tahun dulu, pelaksanaan Pra Rapat Anggota Tahunan (Pra-RAT) CUKK dilaksanakan di setiap branch office (BO) yang tersebar di enam kabupaten/kota. Pada perkembangannya kemudin terjadi peningkatan efisiensi luar biasa. Pra RAT pun dilaksanakan dengan menggabungan 2-4 buah BO.

Contohnya, pada Pra RAT Tahun Buku 2019 pada bulan Februari 2020 lalu dilaksanakan di 23 buah BO. Tanggal pelaksanaannya pun banyak yang bersamaan. Sehingga acara Pra RAT dapat dituntaskan dalam belasan hari. Namun hadirnya Pandemi Covid-19 telah mengubah berbagai tatanan. Termasuk jadwal Pra RAT CUKK. Menurut Ketua dewan Pengurus CUKK Mikael, Selasa (30/11/2020), untuk Pra RAT Tahun Buku 2020 nanti hanya akan di laksanakan di tujuh titik saja.

“CUKK punya tujuh area pelayanan. Setiap area dipimpin oleh seorang Area Manager yang masing-masing membawahi beberapa buah BO. Untuk Tahun Buku 2020, setiap Area Manager juga telah mengusulkan dimana Pra RAT di areanya masing-masing akan dilaksanakan. Itu pun Pra RAT nya akan dilaksanakan secara virtual menggunakan aplikasi komunikasi Zoom,” terang Mikael.

Mikael menambahkan, bahwa dengan pola seperti itu acara Pra RAT tidak mengundang banyak anggota. Dan kehadiran yang sedikit orang itupun, tetap harus menjalankan Protokol Kesehatan. RAT Pleno pun akan dilaksanakan dengan aplikasi Zoom. “RAT adalah amanah undang-undang yang harus dilaksanakan. Namun hukum tertinggi adalah keselamatan manusia. Salus populi suprema lex esto,” ucap Magister Hukum ini.

Ditempat yang sama, Chief Executive Officer (CEO) CUKK Valentinus turut menginformasikan. Di tempat-tempat Pra RAT yang sudah ditentukan, pelaksanaan kegiatannya dihadiri oleh para anggota sesuai dengan undangan. Dan yang di BO-BO harus mengikuti dengan seksama melalui aplikasi Zoom atau secara virtual.

Jadwal Pra RAT CUKK TB 2020 :  Area I 23 Januari 2021, Area II 12 Januari 2021, Area III 14 Januari 2021, Area IV 16 Januari 2021, Area V 18 januari 2021, Area VI 20 januari 2021, Area VII 22 Januari 2021.

Sudah menjadi tradisi di CUKK, setelah semua kegiatan Pra RAT tuntas akan diakhiri dengan RAT Pleno atau RAT konsolidasi. RAT Pleno ini akan digelar di Kantor Pusat CUKK di Tapang Sambas.

“RAT Pleno akan dilaksanakan di Kantor Pusat CUKK di Tapang Sambas. Kegiatan ini hanya dihadiri sesuai dengan jumlah undangan dengan Protokol Kesehatan yang ketat. Kegiatan ini juga akan menggunakan aplikasi komunikasi Zoom. Undangan yang hadir adalah para perwakilan dari tujuh area pelayanan,” kata Valentinus.