Sekilas Info

Deadline 30 November, DPRD Kebut Pembahasan Anggaran 2021

Ketua DPRD di dampingi Wakilnya saat memimpin rapat pembanhasan APBD 2021 bersama pemerintah

SINTANG | SenentangNews.com- Pembahasan untuk Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Sintang tahun anggaran 2021 terus dikebut. Progres pembahasannya pun terus berjalan. Saat ini sudah masuk dalam tahap pembahasan ditingkat Badan Anggaran (Banggar). Selanjutnya dilakukan evaluasi yang kemudian disahkan dan di Paripurnakan.

Pembahasan tersebut juga dipimpin langsung ketua DPRD Sintang Florensius Ronny didampingi wakilnya Heri Jamri dihadiri Setda Sintang serta Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait yang tergabung dalam TAPD, Sabtu (28/11/2020).

Ketua DPRD Sintang Florensius Ronny usai rapat digelar menyebutkan, rapat kerja bersama TAPD tersebut dalam rangka mencari kesepakatan bersama terkait persetujuan antara pemerintah Sintang dan DPRD.

“Targetnya tanggal 30 November 2020 akan sahkan dandi paripurnakan. Saat ini kita masih mengejar target untuk mendapatkan kesepakatan besama,”kata Ronny.

Ronny menjelaskan untuk target APBD 2021 mendatang, pihaknya masih focus dalam penanganan Covid-19 yang masih terjadi sampai saat ini. Namun demikian untuk prioritas anggaran belanja modal masih jadi prioritas. Disamping belanja-belanja lainnya. Namun, untuk skala prioritasnya, masih menunggu koreksi.

“Tahun 2021 mendatang kita dihadapkan dengan anggaran yang sangat minim. Namun demikian dengan keterbatasan yang ada kita tetap menyelesaikan angenda pembangunan Sintang yang berkelanjutan,”ucap Politisi Nasdem ini.

Terpisah Wakil Ketua DPRD Sintang Heri Jamri mengungkapkan, bahwa kondisi APBD Sintang khususnya Dana Alokasi Khusus (DAU) mendapat pengurangan dari APBN sebesar kurang lebih Rp 80 miliar.

“Untuk tahun 2021, Badan Anggaran membahas bersama OPD dengan kondisi keuangan yang sangat minim sekali. Kita tahun sendiri bahwa DAU merupakan urat nadi pembangunan Sintang,”jelas Heri.

Meski dengan aggaran yang minim, Heri mengtakan DPRD Sintang akan berusaha semaksimal mungkin menindaklanjuti aspirasi masyarakat yang telah disampaikan terkait pelaksanaan pembangunan Sintang.

“Kami akan fosus terhadap pembinaan masyarakat. Apa yang telah disampaiakan itu juga akan kami perjuangkan,”jelas politisi Hanura ini seraya mengatakan Corona segera berlalu.

Penulis: Oktavianus Beny