Sekilas Info

10 Desa di Tempunak Belum Nikmati Listrik Negara

Tuah Mangasih

SINTANG I SenentangNews.com- Listrik masih menjadi keluhan di setiap Kecamatan yang ada di Kabupaten Sintang. Di Kecamatan Tempunak Misalnya, dari 26 desa di daerah tersebut 10 desa belum mendapat aliran listrik dari PT PLN Sintang.

Anggota DPRD Sintang Tuah Mangasih menjelaskan hingga kini ada 10 desa di Kecamatan Tempunak belum menikmati listrik, kalau pun ada aliran listrik dari swadaya masyarakat.

"Khusus di Daerah Kecamatan Tempunak masih ada desa yang belum menikmati listrik negara,"kata Tuah belum lama ini.

Menurut Politisi PDI Perjuangan ini, 10 desa yang belum mendapatkan aliran listrik kini hanya mengandalkan Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro (PLTMH). Itu pun hanya untuk penerangan dimalam hari.

"Kalau pun ada listrik dari PLTMH maupun PLTS tidak bisa maksimal karena keterbatasan daya. Bahkan masih ada masyarakat hanya menggunakan lampu pelita untuk mendapatkan penerangan,"jelas Tuah.

Saat ini lanjut Tuah penyediaan layanan listrik di Daerah Tempunak sebenarnya sudah sering diusulkan dalam setiap Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang), tapi hingga kini belum juga teralisasi.

"Untuk usulan sudah sering dilakukan namun sampai saat ini belum ada tindak lanjutnya,"kata Tuah lagi.

Politisi Sepauk Tempunak ini berharap agar kedepan pemerintah dapat mendukung percepatan sambungan listrik di daerah Pedalaman Tempunak dapat direalisasikan minimal satu tahun dua sampai tiga desa.

"Jadi solusinya ini harus kita cari, sehingga pemenuhan kebutuhan listrik di daerah Pedalaman bisa tercover semua,"tutup anggota Komisi C DPRD Sintang ini.

Penulis: Oktavianus Beny
error: Content is protected !!