Sekilas Info

DPRD Gelar Paripurna Penyampaian Pengelolaan Keuangan Daerah

Pjs Bupati Sintang Menyampaiankan Naskah Pengelolaan Keuangan Daerah kepada Wakil Ketua DPRD Sintang Heri Jamri

SINTANG I SenentangNews.com-Pemerintah Kabupaten Sintang menyampaikan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang pengelolaan Keuangan Daerah. Raperda disampaikan langsung Pjs Bupati Sintang Florentinus Anum, kepada Wakil Ketua DPRD Sintang Heri Jamri melalui sidang paripurna di Gedung DPRD Sintang, Senin (16/11/2020).

Dalam laporannya, Florentinus Anum menyampaikan salah satu upaya nyata untuk mewujudkan transparasni dan akuntabilitas pengelolaan keuangan daerah harus dilakukan secara tertib, efisien dengan memperhatikan rasa keadilan dan kepatuhan untuk masyarakat.

Menurut Anum Perda Keuangan Daerah adalah kewajiban Pemerintah, karena syarat untuk pengesahan APBD Sintang tahun 2021.

Anum berharap setelah pembahasan secara menyeluruh, DPRD dapat menerima dan menyetujui Rancangan Peraturan Daerah tentang pengelolaan keuangan daetah, dan selanjutnya dapat ditetapkan menjadi Peraturan Daerah sesuai dengan prosedur dan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Selain itu juga Anum meyakini Raperda Pengelolaan Keuangan Daaerah yang diusulkan mampu menciptkan sistem pengelolaan keuangan daerah yang sesuai dengan keadaan dan kebutuhan yang ada.

"Penyusunan Raperda Pengelolan Keuangan Daerah tersebut juga telah memperhatikan peningkatan pelayanan perizinan yang lebih solid, efektif dan efisien, serta telah berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi dan Kemendagri,"beber Anum.

Sementara itu, wakil Ketua DPRD Sintang Heri Jamri menuturkan, bahwa pembahasan raperda keuangan daerah akan berlanjut. Agenda sidang paripurna raperda ini selanjutnya adalah tanggapan fraksi-fraksi DPRD Sintang.

"Selanjutnya akan ada tanggapan dari fraksi-fraksi, serta pembentukan pansus yang akan dimulai dari tanggal 16-23 November 2020,"kata Heri.

Heri Berharap Raperda pengelolaan Keuangan daerah nantinya bisa menjadi produk hukum yang dapat dipertanggungjawabkan demi kemakmuran rakyat Sintang.

"Kami berharap ada komitmen yang baik selama pembahasan berlangsung demi tercapainya pemerintahan yang bersih, efisien dan akuntabel,"tandasnya.

Penulis: Oktavianus Beny